BKPSDM Minta ASN Tingkatkan Kualitas Kerja

TRANSJABAR.COM, PURWAKARTA – Sebanyak (57) pejabat struktural meliputi eselon II, III dan IV, di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta mengikuti proses penilaian dan kompetensi jabatan (asesmen). Melalui asesmen, aparatur sipil negara (ASN) dievaluasi soal kualitas kinerja.Kamis (25/10/2018).

Hal ini, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Purwakarta Ruslan Subanda menyampaikan tiap tiap ASN untuk terus meningkatkan kualitas kinerja, disiplin kerja, dan integritas kepegawaian.

“Tentu, kinerjanya harus baik. Karena ASN adalah mesin pelayanan publik,”ujar Ruslan.

Hal tersebut, merujuk pada ketentuan Undang Undang No 5 tahun 2017 tentang ASN, ASN yang menduduki jabatan tertentu dengan periodisasi jabatan dua sampai lima tahun harus diasesmen.”Diujikompetensi kembali, apakah masih layak menduduki jabatannya atau harus sudah bergeser atau bagaimana,”kata Ruslan pada saat di temui di kantornya.

Namun,dalam asesmen ada beberapa pejabat struktural yang berhalangan hadir untuk mengikuti asesmen. Karena ini wajib, BKPSDM menyarankan pejabat terkait untuk menyusul asesmen.

“Kita beri kesempatan bagi yang berhalangan hadir untuk nyusul,”ujarnya

Sehingga, hanya saja pelaksanaan asesmen kali ini bukan bagian dari proses dan tahap awal pelaksanaan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi (JPT) pratama.

“Bukan, nanti kalau untuk JPT pratama ada lagi asesmen yang bersifat khusus. Asesmen kali ini untuk mengetahui kualitas kinerja ASN apakah menurun atau meningkat,” ucap Ruslan.

Pelaksana Tugas (Plt) Inspektur Inspektorat Daerah (Irda) Purwakarta Aep Durohman menambahkan, hasil asesmen diharapkan bisa menjadi buah rekomendasi dari masing-masing peserta untuk bahan evaluasi kinerja ASN ke depan.

“Karena asesmen digelar secara tertutup dan dilakukan oleh tim asesor dari provinsi, maka hasilnya merupakan gambaran kualitas ASN di lingkungan Pemkab Purwakarta,”kata Aep Durohman.(rosid).