Bandung Digoncang Gempa Dangkal

TRANSJABAR. COM | Gempa yang terjadi pada Sabtu ( 28/1/2023 ) sekitar pukul 01.00 wib dini hari dengan kekuatan magnitudo 4,0 dengan diawali dua gempa tektonik.

Goncangan dirasakan warga Bandung , kekuatan gempa Magnitudo 4,0 ini sempat membuat panik warga.

Gempa yang terjadi pada Sabtu, 28 Januari 2023 pukul 01:00:33 WIB, wilayah Kabupaten Bandung dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,0. Episenter terletak pada koordinat 7.22 LS dan 107.59 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km Tenggara Kabupaten Bandung pada kedalaman 5 km.

” Gempa bumi ini di awali dengan 2 gempa pendahuluan (foreshock) M 2,6 dan M 3,0, ” informasi yang disampaikan Daryono, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, (28/1/2023).

Ia katakan, gempa tektonik ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Garsela. Getaran dirasakan di wilayah Soreang, Banjaran hingga Kota Bandung.

“Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Soreang dan Banjaran (Kabupaten Bandung) dan Kota Bandung dengan skala intensitas II-III MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang-getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” ujarnya.(son/red).