Ketum DPP IKA IKOPIN Mengajak Pemda Bekerjasama dengan Alumni Diseluruh Daerah di Indonesia

Sumedang|Newsnet.id – Ketua Umum DPP IKA IKOPIN kang Entis Sutisna mendukung alumni DPD Sumedang Raya yang akan menjalin kerjasama pemberdayaan organisasi dan alumni IKOPIN dengan Pemda Kabupaten Sumedang di beberapa instansi khsususnya Dinas Pemerintahan Desa dan Dinas Perindustrian, Koperasi dan UKM.

Kang Entis Sutisna meminta akan terus mendorong baik DPP, DPW dan DPD IKA untuk saling bekerjasama dengan Pemda dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan, koperasi, pelatihan dan bimbingan teknis dari para ahli alumni IKOPIN.

Hal itu terungkap dalam ajang silaturahmi Ketua Umum DPP IKA IKOPIN kang Entis Sutisna dengan Pengurus DPD Kabupaten Sumedang Raya yang baru saja dibentuk dibawah keoemimoinan kang Joly, sebagai pengembangan DPD mandiri yang sebelumnya dibawah naungan DPD Bandung Raya. Direncanakan DPD Sumedang Raya akan dilantik oleh oleh Ketua Umum IKA IKOPIN bersama Bupati Sumedang di Gedung Negara Pemda Sumedang dalam waktu dekat.

Pada kesempatan itu hadir pula mewakili OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Jawa Barat kang Miftah yang merupakan sahabat Ketua Umum IKA IKOPIN dengan bocoran agar DPD IKA segera melakukan kerjasama dengan beberapa Pemda termasuk Pemda Sumedang dalam beberapa kegiatan program yang sudah diarahkan bisa dilakukan kerjasama dengan alumni IKOPIN.

Pada prinsipnya DPP IKA IKOPIN mendorong DPD Sumedang Raya termasuk para DPD / DPW lain di seluruh Indonesia untuk bergerak menjalin kerjasama usaha dan program dengan Pemda setempat dan dunia usaha dalam pemberdayaan ekonomi, bisnis dan alumni.

” Mengurus organisasi itu jangan “tukiyem” setelah dibentuk terus diem, kami harus terus bergerak untuk memajukan organisasi dan memberi manfaat untuk alumni,” kata kang Entis.

Ia katakan, pihaknya akan terus dorong tiap Kabupaten / Kota membentuk DPD termasuk mendirikan beberapa DPD yang masih menjadi gabungan beberapa Kabupaten / Kota, agar organisasi IKA berkembang dan punya jaringan yang banyak dan nanti bersinergi dengan pemerintahan daerah setempat dalam pemberdayaan alumninya.

” Lakukan pendekatan dan ajak kerjasama dengan Bupati Walikota termasuk perusahaan dan dunia usaha dalam beberapa program yang bisa dilakukan, ” ujar kang Entis memberi semangat kepada para pengurus yang hadir hari Sabtu, 13 Nopember 2021 di KAFE KOPI MENAK milik kang Herman yang merupakan alumni IKOPIN di Jatinangor yang sekaligus dijadikan kantor Sekretariat DPD IKA IKOPIN Kabupaten Sumedang Raya.

Lebih lanjut ia sampaikan, DPP selalu siap mendorong para DPW, DPD yang beranggotakan sekitar 20 ribu alumni sarjana manajemen koperasi di seluruh Indonesia untuk terus bersinergi dengan pemerintah pusat dan daerah.

Termasuk juga dengan masyarakat dunia usaha dalam rangka ikut pemberdayaan alumni dan pemberdayaan ekonomi rakyat khususnya dalam bidang Koperasi, UKM dan ekonomi karakyatan.

“Sehingga nantinya turut andil dan ikut pula dalam mengisi program pembangunan yang dicanangkan Pemerintah di Indonesia, ” pungkas kang Entis menutup pembicaraan dengan awak media.( ctr/rl).