Terus Kurangi Angka Penganguran, Bupati Purwakarta Usahakan Pembukaan Ribuan Lapangan Kerja

TRANSJABAR.COM |   Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta terus berusaha mengurangi angka pengangguran. Sejumlah langkah terus ditempuh, termasuk membuat program yang bisa membuka kesempatan kerja lebih luas.

Salah satunya adalah dengan membuka ribuan peluang kerja bagi masyarakat melalui penyelenggaraan Purwakarta Job Fair 2023.

“Kita terus menerus berupaya untuk mengurangi tingkat pengangguran dengan berbagai program dan kegiatan, baik dengan anggaran APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN Nasional,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dalam sambutan pembukaan Purwakarta Job fair 2023, Selasa, 23 Mei 2023

Angka tingkat pengangguran di Purwakarta sendiri terus mengalami penurunan yang siginifikan. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat pengangguran tahun 2022 berada pada angka 8,75 persen. Angka itu turun sangat signifikan dibandingkan tingkat pengangguran tahun sebelumnya yang mencapai 10,70 persen.

“Masalah pengangguran adalah masalah lintas sektor yang berarti penyelesaian masalah pengangguran bukan hanya tanggung jawab satu perangkat daerah saja melainkan harus diatasi secara sinergi antar sektor, yakni pemerintah pusat dan pemerintah daerah serta pemangku kepentingan terkait,” kata Bupati Anne.

Menurut Bupati Anne, Purwkarta Job Fair 2023, selain menawarkan ribuan lowongan pekerjaan bagi masyarakat pencari kerja, juga digelar untuk memberikan pelatihan masyarakat sehingga memiliki kompetensi yang diperlukan menghadapi dunia kerja.

Pelatihan juga dimaksudkan agar masyarakat memiliki kemampuan wira usaha sehingga mampu membuka lapangan usaha sendiri.

Angka terbaru jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan dalam Purwkarta Job Fair 2023 tercatat mencapai 3.738 lowongan pekerjaan.

Sementara peserta pelatihan berjumlah 112 orang untuk 6 jenis pelatihan yakni pelatihan membuat roti dan kue, pelatihan desain grafis madya, digital marketing, menjahit pakaian menggunakan mesin, juru gambar arsitektur dan pelatihan pemeliharaan kendaraan ringan sistem injeksi.

 “Para peserta latihan akan kita didik baik skill, attitude dan knowledgenya. Sehingga diharapkan setelah lulus dapat mengisi lowongan kerja yang ada, atau bahkan mampu merangsang mereka membuka lapangan usaha sendiri,” kata Bupati Anne.

Dari 3.738 jumlah lowongan pekerjaan yang ditawarkan melalui Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023. itu meliputi lowongan pekerjaan di dalam negeri sebanyak 1.158 lowongan, dan penempatan kerja di luar negeri sebanyak 2.580 lowongan pekerjaan.

Lowongan kerja ke luar negeri meliputi sejumlah negara di Eropa, yakni Slovakia, Rumania, dan Polandia. Tujuan kerja lainnya adalah sejumlah negara raksasa ekonomi di Asia, yakni Jepang, Taiwan dan Hongkong.

Sementara satu tujuan lainnya adalah negara ekonomi maju di Timur Tengah, yakni Arab Saudi. Tujuan lainnya adalah dua negara tetangga. yakni Singapura dan Malaysia.

Besarnya jumlah peluang lowongan pekerjaan yang ditawarkan pada Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023. mendapatkan apresiasi dari Bupati Anne Ratna Mustika.

“Saya mengapresiasi kerja keras jajaran Disnakertrans Purwakarta yang terus melakukan berbagai langkah untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Itu dibuktikan dengan terus bertambahnya jumlah slot lowongan pekerjaan. Kerja keras itu membuktikan jajaran Diisnakertrans bersungguh-sungguh untuk bisa membuka sebanyak mungkin lapangan pekerjaan bagi rakyat Purwakarta,” kata Bupati Anne.

Bupati perempuan pertama  Purwakarta  itu mengatakan kegiatan itu digelar dengan tujuan untuk mengkonsolidasikan kesempatan kerja yang tersedia di berbagai perusahaan agar terinformaskan dengan baik kepada masyarakat khususnya para pencari kerja.

“Kita bantu mengkonsolidasikan kesempatan kerja baik untuk penempatan kerja di dalam maupun di luar negeri. Kegiatan ini nantinya membuka ribuan peluang kerja. Puluhan perusahaan telah menyatakan siap terlibat dalam kegiatan tersebut. Saya himbau agar masyarakat pencari kerja di Purwakarta bisa memanfaatkan dengan baik kegiatan tersebut,” kata Bupati Anne Ratna Mustika.

Seperti diberitakan sebelumnya, langkah kreatif kembali digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta untuk terus membangun dan menyejahterakan masyarakatnya. Salah satunya adalah dengan menggelar kegiatan Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Purwakarta akan digelar mulai Selasa, 23 Mei hingga 25 Mei 2023 mendatang

Respon Masyarakat Luar Biasa

Kepala Disnakertrans Purwakarta Didi Garnadi mengatakan, kegiatan itu mendapatkan respon luar biasa dari masyarakat Purwakarta. Tercatat 8.847 calon pengunjung sudah mendaftarkan diri secara online untuk datang ke acara bursa kerja tersebut.

“Sejak kita umumkan ke publik, kegiatan ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat. Jumlah pengunjung yang daftar online terus bertambah.. Kita perkirakan jumlah pengunjung akan terus meningkat hingga angka 10 ribu orang,” kata Didi.

Didi menjelaskan puluhan perusahaan berbagai sektor jasa dan industri barang berpartisipasi dalam kegiatan Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023. 

“Sedikitnya sudah 30 perusahaan menyatakan akan berpartipasi Perusahaan-perusahaan itu akan membuka lowongan kerja dalam jumlah yang besar. Semoga masyarakat Purwakarta bisa memanfaatan peluang ini dengan baik,” kata Didi.

Perusahaan itu bergerak diberbagai sektor jasa dan industri diantaranya perbankan, industri otomotif, garmen (industri pakaian jadi), tekstil, elektronik hingg industri makanan.

Didi mengatakan, kegiatan Job Fair Disnakertrans Purwakarta 2023 sangat penting dilaksanakan karena bisa membantu dalam mempertemukan secara langsung antara perusahaan pengguna tenaga kerja dengan para pencari kerja.

Selain itu, lanjut Didi, kegiataan itu juga sangat membantu dalam mengedukasi para pencari kerja tentang prosedur resmi bekerja ke luar negeri.

“Sehingga nantinya para pekerja bisa mendapatkan pemahaman yang lengkap tentang bekerja di negera asing tanpa mengalami kendala. Kita ingin mengedukasi mereka melalui kegiatan semacam ini,” kata Didi.

Tujuan strategis lainnya menurut Didi adalah sebagai upaya menekan angka pengangguran di Purwakarta. “Menindaklanjuti arahan Ibu Bupati, kegiatan ini mampu menekan angka pengangguran sekaligus memperbaiki kesejahteraan masyarakat,” kata Didi Garnadi.(ctr).