Telan Rp.8,961 Milyar, Pembangunan Jembatan Cibayongbong Bakal Molor

Transjabar.com | Pembangunan jembatan Cibayongbong sebagai jembatan penghubung Kecamatan Maniis dengan Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat bakal molor, pihak PT Bagas Jaya ( BJ ) milik H. Karta asal Indramayu selaku pihak pemborong terkesan lamban sehingga pembangunan jembatan bakal lagi tidak tepat waktu.

Pasalnya, jika dilihat hasil fisik pekerjaan, Kamis ( 29/12/2022) siang dinilai masih jauh dari progres, sementara waktu berpindah tahun tersisa tiga hari kedepan.

Ada Kejanggalan

Sementara itu, selain progres pekerjaan pembangunan jembatan Cibayongbong yang terkesan lamban, juga ada kejanggalan terkait dengan informasi papan nama proyek kegiatan.

Tertulis dalam papan nama, tidak dituliskan Nomor SPK, sampai dengan jadual dimulainya pekerjaan tanggal dan bulan sampai dengan batas akhir pekerjaan.

Yang tertulis hanya jenis kegiatan, sumber dan besaran dana dan waktu pelaksanaan 150 kalender. Kondisi tersebut diduga sengaja dilakukan oleh pihak pemborong untuk mengelabui publik mengingat lambannya pekerjaan sehingga masyarakat tidak akan mengetahui terkait dengan kapan dimulainya dan berakhirnya pekerjaan.

Sehingga kondisi tersebut rentan terjadinya dugaan korupsi, bukan saja dugaan korupsi waktu, tapi juga rentan terjadi korupsi uang rakyat yang dianggarkan milyaran rupiah untuk pembangunan jembatan Cibayongbong tersebut.

Ironisnya, dilokasi pekerjaan tidak nampak batang hidungnya pihak pemborong dari PT Bagas Jaya, termasuk dilapangan tidak nonggol dari pihak Konsultan Pengawas PT. Serene Techno Bakti Consulting.

Terkait dengan progres pembangunan jembatan Cibayongbong tersebut, Kabid Jembatan dan Jalan Dinas PUPR Kabupaten Purwakarta, Dina Cahyadi, ST ketika dimintai keterangan menuliskan melalui WhastApp bahwa progres pekerjaan sudah tahapan 91 persen.

Namun Dina tidak menjawab pertanyaan terkait dengan anggaran sebesar Rp. 8,961 Milyar tersebut diperuntukan item pekerjaan apa saja terkait dengan Pembangunan jembatan Cibayongbong tersebut.(ctr).