Dispangtan Purwakarta Persentasikan Kontribusi Panen Tahun 2022 

TRANSJABAR.COM | Kontribusi panen padi tahun 2022 di Kabupaten Purwakarta pada tiga besar berada di Kecamatan  Darangdan yaitu sebesar 12 persen, Kecamatan Pondoksalam 10 persen dan Kecamatan Wanayasa ada diangka 9 persen. Sementara itu yang terkecil ada Kecamata Jatiluhur sebesar 2 persen.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtang) Kabupaten Purwakarta Sri Jaya Midan dalam persentasi dihadapan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika di Aula Dispangtan Purwakarta, Senin 30 Januari 2023.

Pada agenda tersebut, Kadispangtan juga menyampaikan kinerja Dispangtan Kabupaten Purwakarta dimana semua kegiatan yang dilakukan bertujuan akhir untuk mewujudkan kesejahteraan petani dan masyarakat Kabupaten Purwakarta secara umum.

Termasuk penjelasan soal kontribusi beras per kecamatan. Lahan ketahanan pangan dan kerawanan. Serta potensi-potensi komoditas yang ada di Purwakarta.

Sementara, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika dalam arahannya menyampaikan, kegiatan persentasi ini untuk evaluasi Dispangtan yang nantinya juga akan dilaksanakan oleh perangkat daerah lainnya.

“Hal ini untuk mendorong pemaksimalan tanam lahan sawah dengan mekanisasi penyediaan air, tetapi juga melalui upaya untuk memanfaatkan lahan kering dan kebun,” kata Ambu Anne.

Ia juga mendorong agar tanaman manggis, durian serta tanaman lainnya yang cocok dengan tanahnya dan alur distribusi serta penjualannya juga harus jadi perhatian.

“Sistemnya perlu ditindak lanjuti, terutama beberapa daerah yang membutuhkan pupuk. Semoga produktifitas petani di Kabupaten Purwakarta terus meningkat. Dengan begitu petani juga semakin sejahtera,” kata Ambu Anne.

Dalam agenda tersebut, tampak hadir Inspektur Inspektorat, Pelaksana Tugas Kadisnakan, Kadinkes, serta para penyuluh pertanian.(rls/red).