Tumbuhkan Karakter Peserta Didik, SMKN 1 Purwakarta Gelar SmartTren Ramadhan

TRANSJABAR.COM | Selama bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah tahun 2023, peserta didik di SMKN 1 Purwakarta mendapatkan pendidikan karakter dengan mengikuti kegiatan SmartTren, kegiatan positif selama Ramadhan ini bertujuan untuk menumbuhkan budi pekerti kepada peserta didik.

Kepala Sekolah SMKN 1 Purwakarta Drs. H. Wawan Cakra Herawan, M.Pd menyampaikan, bahwa selama menjalankan ibadah dibulan suci Ramadhan ini, semua peserta didik mendapatkan bimbingan keagamaan.

Sesuai dengan saran dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat maka kegiatan milenial Ramadhan 1444 Hijriyah dapat dilaksanakan di lingkungan SMKN 1 Purwakarta.

Wawan berharap dari kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah dapat menumbuhkan rasa kebaikan serta budi pekerti kepada peserta didik di SMKN 1 Purwakarta.

“ Selama saya menjabat sebagai kepala sekolah tiap Ramadhan 1444 Hijriyah ini selalu diisi kegiatan bersifat positif, termasuk kegiatan SmartTren Ramadhan ini, “ katanya, Jumat, ( 31/3/2023).

Menurut Wawan selama bulan suci Ramadhan ini banyak kesempatan yang dapat diperoleh peserta didik untuk mendapatkan pahala yang baik, bimbingan oleh sekolah melalui guru bidang keagamaan benar – benar memberikan edukasi agar peserta didik memiliki karakter kepribadian yang baik dan nantinya dapat menjadi contoh bagi generasi selanjutnya.

Wawan menyakini, selama bulan Ramadhan ini dapat memberikan kesempatan kepada seperta didik untuk menimba atau mendulang kegiatan positif, salah satunya peserta didik dapat menjalankan ibadah sholat lebih intens.

“Misalnya usai makan saur, anak – anak ini dapat langsung menjalankan ibadah sholat subuh, begitu juga selanjutnya sholat dhuhur dapat dilakukan disekolah karena rata – rata pulang sekolah pada pukul 14.00 Wib, “ katanya.

Begitu juga selanjutnya untuk sholat ashar dapat dilakukan dilingkungan tempat tinggal peserta didik, sampai dengan sholat magrib biasanya dilakukan usai menjalankan ibadah berbuka puasa, dilanjutkan dengan sholat sunnah taraweh, “ ungkap Wawan.

Sementara Bidang Keagamaan Resta Suharliandi, M.Pd.I SMKN 1 Purwakarta menambahkan, semua kegiatan selama bulan suci Ramadhan diisi dengan kegiatan bersifat keagamaan, termasuk kegiatan SmartTren yang dimulai sejak tanggal 27 Maret sampai dengan 14 April 2023.

“Alhamdulilah kegiatan ini memberikan nilai positif bagi peserta didik di SMKN 1 Purwakarta, dengan kegiatan keagamaan ini dapat menumbuhkan budi pekerti, “ katanya.

Untuk kegiatan SmartTren ini dikuti oleh peserta didik sebanyak 738 orang untuk kelas 10 dan sebanyaik 766 orang untuk 11. Kegiatan SmartTren ini menurut Resta dilaksanakan di Aula SMKN 1 Purwakarta dengan pelaksanaan dibagi menjadi dua termen.

“Untuk termen pertama dilaksanakan pada tanggal 27 -31 Maret 2023 dikuti seluruh kelas 10, selanjutnya dari tanggal tanggal 10 – 14 April dikuti oleh seluruh kelas 11, “ jelasnya.

Selain itu, kata Resta peserta didik di SMKN 1 Purwakarta juga diberikan kegiatan positif lainya selama bulan Ramadhan, adapun kegiatan lainya seperti gerakan BERHIAS ( Berbudaya, Habituasi Iman, dan Akhlak Sehari-hari).

Termasuk kegiatan sehari – hari berupa infag massal aktualisasi massagi, wakap alquran, dan rantang pramuka.

” Selain itu juga ada kegiatan lainya baca alquran, tadarus bersama, membaca almahusna, sholawat yang dbacakan peserta didik di SMKN 1 Purwakarta, “ pungkasnya.(ctr).

Keterangan Foto :
Drs. H. Wawan Cakra Herawan, M.Pd
Kepala SMKN 1 Purwakarta

Keterangan Foto 2 :
Antusias peserta didik SMKN 1 Purwakarta saat mengikuti kegiatan keagamaan SmartTren yang dilaksanakan di Aula sekolah, Jumat 31 Maret 2023/Foto/ist