Hardiknas, Bupati Purwakarta Serahkan Bantuan Bus Sekolah dan Motor Operasional Kepsek

TRANSJABAR.COM | Sebagai perwujudan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), Bupati Purwakarta menyerahkan bantuan bus sekolah dan kendaraan operasional untuk sejumlah kepala sekolah di sekolah-sekolah terpencil di wilayah tersebut.

Selain unit kendaraan operasional, pada momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) itu, Bupati Anne juga menyerahkan belasan unit laptop untuk Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Belajar (Kober).

“Mudah-mudahan hal ini dapat mewujudkan konsep merdeka belajar di wilayah Purwakarta. Pada peringatan Hardiknas tahun ini, saya berkesempatan untuk menyerahkan kendaraan operasional kepsek, bis sekolah dan laptop untuk TK dan Kober,” kata Ambu Anne disela upacara peringatan Hardiknas di Taman Pasanggrahan Padjajaran, Alun-alun Pemkab Purwakarta, Selasa 02 Mei 2023.

Ambu Anne juga merinci bantuan tersebut diantaranya, tiga unit kendaraan roda dua untuk tiga kepala sekolah di wilayah terpencil yaitu Kepsek SMPN Satap Parungbanteng, SMPN 2 Sukasari Kecamatan Sukasari dan SMPN Satap Pasanggrahan Kecamatan Tegalwaru.

“Selain itu, untuk mempermudah pelayanan pendidikan, kita juga menyerahkan bantuan 13 unit laptop untuk TK dan Kober untuk keperluan data pokok pendidikan dan bantun satu unit bis sekolah untuk SMPN 3 Babakan Cikao,” kata Ambu Anne.

Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar

Diketahui, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika juga menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 tingkat Kabupaten Purwakarta. Dihadapan peserta upacara Ambu Anne juga membacakan pidato Mendikbudristek Republik Indonesia Nadiem Makarim.

Teks pidato Hardiknas 2023 Mendikbudristek tersebut menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, terutama perjalanan 3 tahun pelaksanaan program Merdeka Belajar. Hal ini selaras dengan tema Hari Pendidikan Nasional 2023. Kemdikbudristek telah mengumumkan bahwa tema Hardiknas 2023 adalah, Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Selain itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi juga mencanangkan bahwa bulan Mei 2023 menjadi Bulan Merdeka Belajar.

Menurut Ambu Anne, seperti tahun-tahun sebelumnya, jajaran Pemkab Purwakarta melaksanakan upacara peringatan Hardiknas. “Tadi sudah dibacakan amanat bapak menteri pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, sudah disampaikan termasuk dari kami pemerintah daerah yang kemudian berkomitmen untuk menyelaraskan program-program di bidang pendidikan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, Pemkab Purwakarta melalui Disdik telah menggulirkan program lima bunga pendidikan berkarakter dengan tujuh poe atikan. “Program ini sudah berjalan semua dan mendapatkan apresiasi dari Kemendikbudristek Republik Indonesia, bahkan tidak sedikit penghargaan disampaikan kepada pemerintah daerah melalui dinas pendidikan,” ujarnya.

 Ambu Anne juga mengucapkan terima kasih atas kerjasama kolaborasi sinergi yang terjalin di semua jenjang tingkat pendidikan di Kabupaten Purwakarta, tidak terkecuali para pendidik yang selama ini terus melaksanakan adaptasi terhadap perubahan yang terjadi.(ctr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *