Tim Pengabdi Masyarakat UI Jakarta Gelar Sosialisasi Penyusunan Laporan Keuangan untuk UMKM di Desa Pusakamulya

Foto : Ist/transjabar

transjabar_ Purwakarta- Pihak Universitas Indonesia (UI) Jakarta yang tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Humaniora mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertempat di Kantor Aula Balai Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes Kabupaten Purwakarta Jabar Sabtu (25/08/18).

Program Kegiatan Pengabdian Masyarakat itu dalam rangka upaya meningkatkan pengetahuan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mengenai Peningkatan Akses Pendanaan Bank Untuk Usaha Kecil Menengah Melalui Penyusunan Laporan Keuangan.

Hadir dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut Ketua Tim Pengabdi dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta Dr. Aria Farah Mita, MSM. CA, CPA, Anggota Tim diantaranya Dr. Dyah Setyaningrum, MSM, CA, CPMA, Sandra Aulia Z, SE. Ak, MS.AK, CA, CPA, Birawani, MSM, CA dan Asisten Tim Mahasiswa UI yakni Annisa Meidina Thahria, Heneng Kartika Dewi, Ravika Novazella, Pihak Bank Syariah Mandiri Purwakarta, Kades Pusakamulya Ahmad Hendri beserta Perangkat Desa Pusakamulya dan 50 Orang Peserta Pelaku UMKM Desa Pusakamulya.

Disela-sela Kegiatan Pengabdian Masyarakat Ketua Tim Pengabdi Universitas Indonesia (UI) Jakarta Dr. Aria Farah Mita, CA, CPA kepada awak media menerangkan bahwa dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini kami melibatkan 2 fakultas yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia.

Alhamdulilah, sesuai rencana kegiatan sosialisasi UMKM ini bisa diikuti 50 orang Pelaku UMKM Desa Pusakamulya. Antusiasme Para Pelaku UMKM itu pun terlihat begitu semangat dikala kami adakan kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut.

“Sosialisasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini lebih kepada memberikan pengetahuan terhadap seluruh Pelaku UMKM di Desa Pusakamulya dan menitik beratkan agar segala materi yang kami sampaikan dalam kegiatan ini bisa dipahami sekaligus dapat menerapkan sistem manajemen penyusunan laporan keuangan usaha yang kini sedang digelutinya,”ujar Dr. Aria Farah Mita.

Hal yang sama disampaikan anggota Tim Pengabdian Masyarakat UI Sandra Aulia Z, SE. Ak, MS.AK, CA, CPA menambahkan, Kegiatan Sosialisasi Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Humaniora ini kami lakukan rutin tiap tahun.

Kebetulan untuk tahun 2018, kami laksanakan di Desa Pusakamulya dengan mengambil tema Upaya Peningkatan Pengetahuan UMKM terkait Peningkatan Akses Pendanaan Bank Untuk UKM melalui Penyusunan Laporan Keuangan. Artinya, kami menyampaikan segala materi diantaranya bagaimana tata cara mengelola usaha yang selama ini sudah digeluti oleh Para Pelaku UMKM di Desa Pusakamulya ini.

Masih kata Sandra Aulia, dari 50 orang Pelaku UMKM Desa Pusakamulya tercatat 60 persen mempunyai usaha perdagangan membuka toko atau warung dan 40 persennya mereka membuka home industri kreatifitas produksi makanan kue ringan seperti simping, keripik ubi, singkong dan emping. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Pengabdian Masyarakat ini, materi atau pengetahuan yang sudah dipaparkan terhadap Pelaku UMKM Desa Pusakamulya dapat diimplementasikan demi membawa perubahan peningkatan usaha mereka lebih maju dan berkembang.

Sementara itu, Irfan Permana dari Pihak Bank Syariah Mandiri Purwakarta menuturkan, kami dari Pihak BSM menghimbau kepada Ibu dan Bapak selaku Pelaku UMKM, agar menjadi Mitra Bank. Jadikan Bank sebagai akses modal usaha dan BSM merupakan Bank yang siap bermitra dan menerapkan kredit lunak dengan agunan Sertifikat, AJB dan BPKB Kendaraan Bermotor. Selain itu, saya sarankan, jangkaulah bank terdekat dan jangan meminjam uang ke bank keliling,”paparnya.

Sedangkan, lanjut Irfan Permana, terkait usaha yang sedang dijalankan, catat dalam pembukuan, baik itu menyangkut uang modal, pendapatan dan pengeluaran. Karna usaha kecil maupun besar itu harus dicatat. Kemudian hasil dari keuntungan itu tabungkan ke Bank. Sehingga, keuangan dapat terdeteksi dan tertib administrasi.

Adapun, Kepala Desa Pusakamulya Ahmad Hendri menghaturkan banyak terima kasih atas kehadiran Seluruh Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Indonesia (UI) Jakarta yang telah datang memberikan sebuah materi tentang pengetahuan UMKM bagi Pelaku Usaha warga Desa Pusakamulya.

“Mudah-mudahan, materi apa saja yang sudah disampaikan oleh Tim Pengabdi Masyarakat menjadi ilmu pengetahuan yang dapat diaplikasikan untuk meningkatan UMKM Desa Pusakamulya lebih baik, terarah, maju dan sukses,” harapnya.(Red).