Pemda Sukabumi Buka LKPP E-Katalog

Foto: Yusup/transjabar

transjabar_SUKABUMI- dalam rangka untuk meningkatkan pengetahuan tentang E- Catalog dikalangan pemerintahan, maka telah dilaksanakan Sosialisasi E-Catalog LKPP yang dibuka secara resmi oleh PLH Sekda Kabupaten Sukabumi Dody Achadiyat Somantri, SH, M.Si yang ditandai dengan pemukulan Gong, (29/08/2018) Hadir pada kesempatan tersebut Perwakilan LKPP, Para pejabat esalon 2, esalon 3 dan esalon 4, para pejabat fungsional di Kabupaten Sukabumi, perwakilan PT. Bhineka Mentari Dimensi dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya PLH Sekda menyampaikan, bahwa sebagaimana tertulis dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, definisi pengadaan barang/ jasa oleh kementrian /lembaga/perangkat daerah yang dibiayai oleh APBD/APBN yang prosesnya sejak identifikasi kebutuhan sampai dengan serah terima hasil pekerjaan. Sehingga dalam pelaksanaan pengadaan barang /jasa di Kabupaten Sukabumi wajib hukumnya untuk mentaati yang telah ditetapkan oleh peraturan Presiden.

Dikatakan pula, salah satu pengaturan baru dalam Perpres 16 tahun 2018 ini adalah pengaturan tentang E–marketplace pengadaan barang /jasa pemerintah yang merupakan pasar elektronik yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan barang /jasa pemerintah yang terdiri dari katalog elektronik, toko daring maupun pemilihan penyedia dengan menggunakan sistem yang sudah dibuat oleh LKPP yaitu SPSE.

Untuk katalog sendiri berdasarkan jenisnya dibagi menjadi tiga (3) yaitu katalog nasional, katalog sektoral maupun katalog lokal. “semoga melaluii acara sosialisasi e–catalog LKPP ini, Pemerintah Kabupaten khususnya dapat mewujudkan harapan pemerintah dalam pelaksanaan pengadaan barang/jasa” harapnya. (YB).