Pemdes Karangwangi Gelar Musdes dan Penetapan RKPDes

TRANSJABAR.COM | Pemerintah Desa (Pemdes) Karangwangi Kecamatan Karangwareng Kabupaten Cirebon, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) salah satunya penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) tahun 2023.

Kuwu Desa Karangwangi, Sumad Suparman mengatakan, penyusunan RKPDes sangat diperlukan guna terlaksana pemerataan pembangunan di tiap dusun, asalkan anggaran mencukupi. “Pemulihan ekonomi berupa BLT DD tahun ini masih ada, sehingga berdampak pada minimnya pembangunan desa,” katanya, Rabu (18/1/2023).

Kuwu dua periode ini menjelaskan, Musdes RKPDes merupakan upaya desa untuk menampung keinginan warga yang disampaikan pada RT/RW dan kepala Dusun. Kemudian pihak Desa memusyawarahkan dan menganggarkannya.

“Untuk realisasikan program desa, baik pembangunan maupun sektor lainnya diperlukan peran serta masyarakat. Salah satunya ketika penyusunan RKPDes ini,” jelasnya.

Adapun usulan masyarakat yang tidak bisa menggunakan Dana Desa dalam pelaksanaan kegiatannya, pihaknya siap memfasilitasi dan akan mengusulkan ajuan itu ke forum musrenbang Kecamatan. Yang nantinya bila disetujui akan menggunakan anggaran Pendapatan Daerah ( APBD ) dalam pelaksanaannya.

Pria yang biasa dipanggil Sumad ini menambahkan, anggaran yang bersumber dari pusat, provinsi dan daerah sangat membantu desa dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Namun kurang maksimal, karena adanya plot anggaran dari pusat.

“Seharusnya desa diberi kewenangan penuh untuk mengelola anggaran dari pusat, provinsi dan daerah. Sebab, pihak desa yang lebih mengetahui skala prioritas,” imbuhnya.

Dirinya mengharapkan dukungan masyarakat dalam pembangunan dan melaksanakan program desa. “Dengan kebersamaan, akan sangat mudah mewujudkan Desa yang lebih baik dari yang sudah baik,” pungkas Sumad. (falah)