DPK BKPRMI Gelar Kegiatan Munagosah

TRANSJABAR.COM | DPK BKPRMI melaksanakan kegiatan Munaqosah siswa – siswi TKQ, TPQ se Kecamatan Manonjaya yang bertempat di MTs SA AL ISLAM Cisitu, Desa Kalimanggis, Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Acara dimulai sekitar pukul 07.00 yang dihadiri oleh ketua BKPRMI jawa barat, Ketua BKPRMI beserta dewan pengurus Kecamatan Manonjaya, Guru dewan lembaga se-Kecamatan Manonjaya dan peserta Munaqosah beserta para orangtua murid, Kamis (18/05/2023).

TKA dan TPA merupakan salah satu pendidikan non formal tetapi teknis dan pembelajaran pendidikan di setiap unit itu menjadi formal, salah satu bentuk pembelajaran formal itu dengan diadakannya kegiatan Munaqosah. Munaqosah itu adalah ujian tes terhadap kompetensi yang telah dimiliki terhadap anak anak selama mereka mengikuti pembelajaran di TKA dan TPA.

Asep Marbudin selaku direktur wilayah LPTKI BKPRMI Jawa Barat mengatakan Munaqosah ini dilaksanakan setiap tahun diawali dengan Munaqosah unit dan Munaqosah daerah. Munaqosah unit dilaksanakan di tiap sekolah masing masing dan Munaqosah daerah dilaksanakan oleh tim Munafis khusus.

Pelajaran yang ditestkan merupakan materi pembelajaran yang biasa dilakukan di sekolah masing – masing, diantaranya bacaan Al quran, bacaan Sholat, adab adaban, doa harian, surat surat pendek, ayat ayat pilihan, praktek sholat dan praktek wudhu.

Jadi maksud dan tujuan diadakannya evaluasi munaqosah hari ini adalah feedback nya untuk penilaian dan mengevaluasi tidak hanya siswa siswinya tetapi mengevaluasi bagian pengurus, yang mengurus,dan bagian guru yang mengajar sehingga ada kebijakan kebijakan yang harus kami perbaiki nanti kedepan nya juga berterima kasih kepada DPK BKPRI Kecamatan Manonjaya pengurus, tim Munafis dan guru guru lembaga se Kecamatan Manonjaya sudah menjadi bagian sehingga acara Munaqosah ini berjalan dengan baik dan sukses.

Sementara itu Nurjalaludin selaku Ketua DPK BKPRMI Kecamatan Manonjaya menuturkan alhamdulillah kegiatan Munaqosah ini berjalan lancar dan kondusif dengan jumlah peserta 297 peserta yang mengalami penurunan dibanding tahun kemarin, dikarenakan kurang nya persiapan.

Dan yang belum melaksanakan munaqosah ini akan ada ada munaqosah susulan dan setelah kegiatan munaqosah ini akan ada kegiatan wisuda yang akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2023

Harapan kedepan nya munaqosah ini dilaksanakan untuk tingkat kelas 2 mau naik ke kelas 3 dan untuk paud buat sertifikat masuk ke tingkat sekolah dasar,dan saya sangat berharap tahun tahun berikutnya bisa tetap berjalan harus lebih meningkat lagi, ucap Nurjaludin.

Sementara itu Nauval Afkar Khalfani merupakan perwakilan dari lembaga pendidikan Al ikhlas mengatakan senang dan bangga bisa mengikuti kegiatan Munaqosah ini meskipun dengan perasaan deg degan tapi alhamdulillah bisa mengikuti tes dengan baik dan mudah mudahan hasilnya bisa lulus. (Jajang).