Mumuh Muhammad Anak Buruh Kasar Asal Purwakarta Segudang Prestasi

Mumuh Muhammad dan berbagai prestasi. Foto Yusup Bahtiar/transjabar

transjabar_ JAKARTA – Mumuh Muhammad (24 tahun) anak seorang buruh kasar, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) wakili Kabupaten Purwakarta dan Jawa Barat ikuti Gebyar Keluarga Sejahtera tingkat Nasional di Cibubur Jakarta, (12/8/2018).

Anak dari pasangan Abun Bakri dan Andariah itu adalah anak ke tiga dari tujuh bersaudara ini merupakan anak seorang buruh kasar sebagai tenaga perbaikan Kapal kapal nelayan yang rusak di Muara Angke Jakarta dan Ibunya hanya pengurus rumah tangga ini memang anak yang berprestasi.

Meski keluarganya serba kekurangan, tak menyurutkan bagi diri Mumuh untuk meraih kesuksesan, dirinya yakin bahwa ada jalan untuk menuju sukses.

“Kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu tidak membuat Mumuh Muhammad putus asa dalam mengejar cita-cita. Ia selalu yakin akan adanya jalan untuk meraihnya,” tutur Agus, S. Sos Koordinator Kabupaten (Korkab) PKH Kabupaten Purwakarta.

Lanjut Agus, Mumuh sejak SD, SMP, SMA merupakan siswa yang berprestasi. Dirinya merupakan salah satu peraih UN tertinggi saat di SMA se Purwakarta.

“Meskipun dia berasal dari kampung, ia memiliki semangat yang tinggi

untuk belajar dan mampuh bersaing dengan teman-teman di sekolahnya. Adapaun prestasi yang pernah diraih selama ia sekolah di SMK Negeri 2 Purwakarta adalah sebagai berikut:

Selalu Ranking 1 dari Kelas X – Kelas XII Peraih UN Tertiggi Tingkat SMK se-Kabupaten Purwakarta, 2013. Juara 2 LKS Akuntansi Tingkat Kabupaten Purwakarta tahun 2012,

Juara 3 Lomba Cerdas Cermat Pemilu Tingkat Kabupaten Purwakarta tahun  2012, Juara 1 Accounting Competition Tingkat Kabupaten Purwakarta di tahun 2012,

Juara 3 Lomba MHQ 1 Juz Putra Tingkat Kabupaten Purwakarta, 2012, Juara 1 Lomba Sirung Sunda Pinilih Tingkat Kabupaten Purwakarta pada tahun

2011, Juara 1 Lomba Pupuh Tingkat Kabupaten Purwakarta, 2011, Juara Harapan 1 Lomba MHQ 1 Juz Putra Tingkat Kabupaten

Purwakarta, pada tahun 2011,” sebut Korkab Agus.

Kini Mumuh kembali menorehkan prestasi kembali, sebagai lulusan terbaik di Universitas Pendidikan Indonesia pada Wisuda Gelombang III tanggal 3 Desember 2017 tahun lalu.

Selain itu tambah Agus, anak ketiga dari 7 bersaudara itu menurutnya mendapatkan Juara 1 Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2017, Peringkat 1 Skripsi Terbaik Tingkat Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis

Universitas Pendidikan Indonesia, Presenter International Conference on Islamic Eonomics, Business,and Philanthropy (ICIEBP) di Bandung, Indonesia, tahun 2017 Presenter pada 5 th South East Asia International Islamic Philanthropy Conference

(SEAIIPC) di Melaka Malaysia, pada 2017-Best of Solution for Nation Essay Pemuda Mendunia, Kuala Lumpur, Malaysia, tahun 2017 Volunteer Program Pemuda Mendunia di Kuala Lumpur  Malaysia. Lagi lagi pada tahun 2016 Penulis Paper dalam International Conference on Islam in the Malay World (ICON IMAD VI).(Yusup Bahtiar).