Petani Desa Sukajaya Sambut Baik Pembangunan Turap oleh Dinas PUPR Karawang

TRANSJABAR.COM | Program pembangunan normalisasi turap saluran yang dicanangkan oleh Pemkab Karawang melalui Dinas PUPR Kabupaten Karawang mendapat respon positif oleh masyarakat Karawang, terutama petani di wilayah Kecamatan Kulon, salah satunya pembangunan turap dengan titik lokasi di Dusun Kulung Martabak RT 01/02, Desa Sukajaya.

Petani diwilayah itu menyambut baik program pembangunan normalisasi turap yang telah lama ditunggu – tunggu, dengan dilakukanya normalisasi turap akhirnya air yang sebelumnya tidak maksimal kini menjadi lebih maksimal sehingga kebutuhan air ke area persawahan diwilayah itu tercukupi.

Dengan terpenuhinya pasokan air untuk area persawahan di wilayah itu, dapat dipastikan percepatan produksi pertanian akan lebih meningkat sehingga secara otomatis dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani.

H. Udin tokoh dan salah satu petani di wilayah itu sangat mensuport dengan pembangunan normalisasi turap saluran di Dusun Kulung Martabak RT 01/02, Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon.

Ia berharap dengan dilaksanakan normalisasi turap pasokan air jadi lebih maksimal, ia akui sebelumnya area sawah diwilayahnya termasuk sawah miliknya pasokan air tersendat akibat tidak normalnya turap saluran air.

“ Alhamdulilh dengan dilaksanakan normalisasi turap saluran di wilayah kami pasokan air jadi kembali normal, “ katanya.

Sementara Cahyo Wanipiro selaku pihak pelaksana pekerjaan CV. Bukit Sentosa menyatakan, pekerjaan normalisasi turap saluran di Dusun Kulun Martabak RT 01/02, Desa Sukajaya, Cilamaya Kulon mendapat support anggaran APBD II Kabupaten Karawang Tahun Anggaran ( TA) 2023 melalui Dinas PUPR bidang SDA Kabupaten Karawang.

“Alhamdulilah pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan arahan dan petunjuk dari dinas tehnis, tentunya dilaksanakan sesuai dengan RAB, “ ujarnya, Sabtu ( 1/7/2023).

Walaupun kata Cahyo Wanipiro kondisi tehnis dilapangan tidak sesuai dengan harapan, namun hasil pekerjaan harus sesuai dengan RAB sehingga kualitas turap benar – benar baik dan bermanfaat bagi masyarakat petani.

“Kami dari pihak pelaksana mengerjakan pekerjaan turap harus bertanggungjawab, semua persoalan di lapangan baik tehnis dan non tehnis semua dapat diselesaikan dengan baik, “ katanya.

Ia menjelaskan, bahwa pekerjaan normalisasi turap saluran yang ada di wilayah Desa Sukajaya, Kecamatan Cilamaya Kulon panjangnya mencapai 203 meter, dan saat ini sedang dalam pengerjaan.

“Mudah -mudahan pelaksanaan pembanguan lancar tidak ada halangan, dan semua ini juga berkat dukungan dari masyarakat, “ jelasnya.

Ditempat terpisah, Kades Sukajaya H. Dulhadi menyampaikan terima kasih kepada Dinas PUPR khusunya bidang SDA yang sudah merealisasikan usulan turap saluran sesuai harapan masyarakat khususnya para petani.

“Saya berharap semua program pembangunan di Desa Sukajaya Cilamaya Kulon sangatlah bermanfaat untuk semua masyarakat khususnya untuk kesejahteraan para petani, “harapnya. (01/putra).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *