Menko PMK Laksanakan Peletakan Batu Pertama SMK Muhammadiyah 3 Cikampek

Transjabar.com – Sebagai bentuk simbolisasi pembangunan akan dimulai, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PKM) Prof. Dr Muhadjir Effendi, M.A.P melakukan peletakan batu pertama dan penandatangan prasasti pembangunan SMK Muhammadiyah 3 Cikampek di desa Purwasari, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Sabtu (8/10/2022).

Dalam sambutannya Menteri Koordinator Bidang PMK Prof. Dr Muhadjir Effendi, M.A.P menyampaikan, para guru SMK Muhammadiyah Cikampek harus menindaklanjuti Perpres no. 68 tahun 2022 terkait revitalisasi pendidikan vokasi dan pelatihan vokasi.

Menurutnya, saat ini pemerintah di era Jokowi periode ke 2 ini tengah bekerja keras untuk mengakselerasi persiapan angkatan tenaga kerja yang memiliki jenjang kemampuan yang memadai dalam menyongsong era industri 4.0.

“Keberadaan SMK yang berdekatan dengan daerah industri harus direvitalisasi. SMK Muhammadiyah ini cukup bagus merespon Perpres nomor 68 tahun 2022 ini,” ungkap Muhadjir saat dikonfirmasi usai acara peletakan batu pertama SMK Muhammadiyah 3 Cikampek.

Dia menjelaskan, saat ini pemerintah tengah fokus terhadap 2 hal berkaitan dengan pendidikan SMK dan Politeknik dan revitalisasi vokasi pelatihan yaitu balai-balai LPK dan LKP di bawah Kementerian Tenaga Kerja dan Pemerintah Daerah.

“Hal ini supaya ada kemitraan antara sekolah dan industri terutama dalam transfer teknologi termasuk juga namanya resource sharing. Jadi Karyawan atau pekerja yang audah mahir dan senior di perusahaan diminta untuk mengabdikan diri di sekolah -sekolah untuk mewariskan pengalamannya kepada siswa,” ujarnya.

Terkait adanya resource sharing itu, kata Muhadjir, nantinya akan terjadi sinergi antara sekolah dan industri tersebut juga masyarakat lingkungan sekitar berdampak tumbuh menjadi lingkungan industri.

Sedangkan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Dede Setiabudi, S.Hut, M.M dalam sambutannya menyampaikan, dirinya mendapatkan kebahagiaan dengan kehadiran Menteri PMK dalam acara peletakan batu pertama SMK Muhammadiyah 3 Cikampek.

“Mudah-mudahan ini menjadi amal baik buat pak Menteri dn merupakan tanda baik bagi kami dakam mengembangkan amal usaha ini,”ucap Dede.

Pasca peletakan batu pertama tersebut, Dede menyebut, pihaknya akan melanjutkan pembangunan SMK Muhammadiyah 3 bekerjasama dengan Bank Syariah Bukopin.

“Mudah-mudahan sebelum muktamar di bulan November pembangunan ini sudah selesai. Ini merupakan kado terindah dari kami, pimpinan cabang dan Pimpinan Daerah buat Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” tegasnya.

Acara peletakan batu pertama tersebut dihadiri Menteri Koordinator PMK Prof. Dr Muhajir Effendi, M.A.P, Direktur Bank Syariah Bukopin Agus, Ketua Pimpinan Wilayah Jawa Barat, Muspika Kecamatan Purwasari, Kepala Desa Purwasari, Kepala Dikdispora Karawang, Ketua Pokja SMK Muhammadiyah Indonesia, Ketua SKKS Muhammadiyah Jabar, Ketua Pimpinan Daerah Karawang, Ketua Pimpinan Muhammadiyah Cabang Cikampek, Ketua PGRI Karawang, Ketua BNPS Karawang serta jajaran organisasi otonomi Muhammadiyah seta tamu undangan. (dd)