Terminal Cikampek Kini Menjadi Tipe A

 

FOTO: SUTIYONO/transjabar

transjabar_Karawang- Status terminal Cikampek, Kabupaten  Karawang kini sudah menjadi terminal Tipe A dimana kepengelolaannya di bawah Kemenhub-RI, tidak seperti sebelumnya saat dikelola oleh Pemerintah daerah.

Meli Yulianawati Kepala Terminal Cikampek menuturkan, dengan diambil alihnya terminal tersebut, kini status menjadi terminal bertipe-A, sejak adanya pemberlakuan pada 16 Oktober 2016 yang lalu dari Pemda Karawang ke Kementerian Perhubungan.

Pemberlakuaan ini menurut dirinya bisa difungsikan untuk bus AKAP dan AKDP,“kedepannya terminal ini akan menjadi sub terminal diwilayah Karawang dan sekitarnya, karena untuk dapat menampung 35 AKAP dan 9 AKDP,” ujar dia.

Lebih lanjut kata dia, kepengelolaan ini dirasakan belumlah maksimal, karena masih terdapat PO Bus yang enggan masuk terminal dengan alasan keadaan area terminal belum tertata dengan baik dan belum rapih.

Terkait kondisi terminal Tipe A Cikampek, kini pihak Kemenhub  sudah mengetahui hal ini. Rencananya akan di renovasi secara menyeluruh, agar pelayanan dari bidang jasa transportasi masyarakat lancar dan bisa optimal. (Sutiyono).