Kutamanah Fokus Bangun Infrastruktur Jalan Lingkungan

 

Kades Kutamanah, Maman Surahman/ transjabar

transjabar _ PURWAKARTA -Kepala Desa Kutamanah Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta Jawa Barat, H Maman Surahman mengatakan percepatan pembangunan infrastruktur yang ada diwilayahnya terus dalam pelaksanaan.

Secara bertahap pembangunan terus digenjot dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Dana Desa.

Menurutnya, program pembangunan infrastruktur diwilayahnya terus dimaksimalkan. Untu tahap awal bersumber Dana Desa (DD) Tahun Anggaran ( TA ) 2018 totalnya mencapai Rp. 1.050.000.000 dialokasikan sekitar 80 persen untuk pembangunan infrastruktur jalan lingkungan.

Ia jelaskan, tahap awal pengalokasian untuk pembangunan dengan anggaran 20 persen. Selain untuk persiapan biaya operasional pembentukan Bamusdes.

Alokasinya untuk membangun jalan lingkungan sepanjang 150 X 3 M2 di Kp Talaga, gorong – gorong sepanjang 12 X 4 M2, dan diberikan kesejateraan bagi guru ngaji dan PAUD.

Sedangkan untuk tahap kedua dialokasikan untuk infrastruktur di tiga titik, yakni pembangunan melanjutkan program pembangunan jalan rabat beton di Kp Talaga sepanjang 250 X 2 M.

Pembangunan di Kp Baras sepanjang 3 X 300 M2 sistem betonisasi, dan pembangunan drainase di Kp Cisarua sepanjang 100 M2.

Selanjutnya kata dia, pencairan tahap ketiga sesuai dengan rencana akan dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur lanjutan jalan penghubung Kiarabandung – Pasirkole.

“Panjangnya sekitar 500 M2, saya berharap percepatan infrastruktur jalan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”katanya.

Sedangkan alokasi DD ditahun 2017 lalu, dengan total anggaran sebesar Rp 800 juta dialokasikan pembangunan jalan desa sepanjang 1000 X 3 M2 dititik Kp Pasirkole.(ctr).