Ini Lahan Tehnis Persawahan Dialihfungsikan Menjadi Perumahan

transjabar_ BEKASI – Sekitar 160 hektar lahan pertanian di wilayah Kp Kedung Gede Desa Kedung Waringin Kecamatan Kedung Waringin bakal disulap menjadi perumahan.

Sesuai dengan rencana pembangunan perumahan Grand Cikarang City tersebut akan dikembangkan oleh pihak pengembang dari PT. Alexandra Citra Pertiwi.

Pihak pengembang nantinya diperkirakan akan membangun ribuan rumah untuk memenuhi kebutuhan rumah tinggal bersubsidi.

Namun sayang, penyediaan rumah tinggal melalui pengembangan perumahan tersebut harus mengkorbankan lahan tehnis area persawahan.

Ketua KPLHI Bekasi Syarifudin sangat menyayangkan dengan pemanfaatan lahan tehnis pertanian yang disulap beralihfungsi menjadi lahan untuk perumahan.

Padahal lahan tehnis sawah seharusnya dipertahankan agara nilai plus berkaitan dengan program pertanian di Kabupatsn Bekasi sebagai penyokong program pangan nasional bisa tetap dicanangkan.

Namun, kata dia jika kondisinya seperti ini dengan peralihanfungsi yang terjadi secara terus menerus bukan tidak mungkin  lahan pertanian di Bekasi bakal tergerus.

Untuk itu, ia berharap pihak pemerintah juga jangan seenaknya menerbitkan soal perijinan terkait dengan pembangunan perumahan di Kabupaten Bekasi terutama pengembang yang tidak peduli dengan aspek lingkungan yang berkelanjutan.(Din).