Tekan Laka, Polres Purwakarta Gelar Operasi Patuh Lodaya 2022

transjabar.com – Kepolisian Resor (Polres) Purwakarta menggelar Operasi Patuh Lodaya 2022 yang bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dan meningkatkan disiplin berlalu lintas di masyarakat.

Operasi tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari, yang di mulai pada tanggal 13 hingga 26 Juni 2022 mendatang.

Kapolres Purwakarta, AKBP Suhardi Hery Haryanto mengatakan, Operasi Patuh Lodaya 2022 ini bertujuan untuk menekan angka kecelakaan dan meningkatkan disiplin berlalu lintas di masyarakat.

“Operasi Patuh Lodaya kali ini kita akan kedepankan edukasi tata tertib berlalu lintas kepada masyarakat,” Ucap Pria yang akrab disapa Hery itu saat ditemui usai memimpin apel gelar Pasukan Operasi Patuh Lodaya 2022 di Mapolres Purwakarta, pada Senin, 13 Juni 2022.

Menurutnya Operasi Patuh Lodaya 2022 ini bertujuan mengajak masyarakat tertib dalam berdisiplin berlalu lintas, sehingga akan semakin menjamin keselamatan berlalulintas dan menurunnya tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Hery menambahkan, edukasi keselamatan berlalu lintas kepada masyarakat bertujuan untuk mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri guna menciptakan situasi yang tertib demi keselamatan pengendara.

“Kita menargetkan untuk masyarakat agar tetap mematuhi peraturan dalam berlalu lintas, serta dalam masa pandemi ini agar senantiasa patuh dalam protokol kesehatan,” tutur perwira Polri yang terkenal dengan keramahannya itu.

Hery menekankan, dengan mengedepankan fungsi lalu lintas dengan penekanan peran aktif masing-masing personel satuan tugas (satgas) untuk menindak pelanggaran khususnya yang berpotensi penyebab kecelakaan.

“Selain menargetkan turunnya angka kecelakaan, Oprasi Patuh Lodaya 2022 ini juga kami mengimbau kepada anggota yang terlibat untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Selain itu, dalam Operasi Patuh Lodaya 2022 ini bakal digelar juga bakti sosial (Baksos) kepada masyarakat,” ungkap Hery.

Kapolres berharap Operasi Patuh Lodaya 2022 bisa berjalan dengan baik apabila terjalin kerjasama antara TNI-Polri dengan stake holder atau instansi terkait guna terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

“Mudah-mudahan dengan tertibnya berlalu lintas dan menaati semua aturan dalam berlalu lintas akan meminimalisir tingkat kecelakaan berlalu lintas khususnya di wilayah hukum Polres Purwakarta,” Imbuhnya.

Dirinya mengucapkan selamat menjalankan tugas operasi kepolisian dengan sandi Operasi Patuh Lodaya 2022.

“Lakukan tugas operasi patuh secara tegas dan humanis tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat,” Pesen AKBP Suhardi Hery Haryanto.(red).