Makan Nasi Kotak, Ratusan Warga Keracunan

TRANSJABAR.COM | Sedikitnya 165 warga Kampung Cikubang, Desa Pusakamulya, Kecamatan KiarapedesKabupaten Purwakarta, mengalami keracunan.

Keracunan ini, terjadi setelah warga mengkonsumsi nasi kotak yang dibagikan usai ibadah shalat Jumat di Masjid Al Hidayah Cikubang. 

Belasan ambulans desa lalu lalang membawa pasien untuk dilarikan ke puskesmas dan klinik terdekat. Bahkan, keracunan ini membuat heboh dunia maya. 

Dengan adanya kejadian ini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta, dr Deni Darmawan turun ke lapangan. Berdasarkan catatan pihaknya, warga yang keracunan ini mendapat perawatan di Puskemas Wanayasa, klinik dan ada juga yang di rujuk ke RS. 

“Data sementara, 100 warga sudah pulang ke rumah, kondisinya tak terlalu parah,” ujar dr Deni, Jumat 17 November 2023. 

Sampai pukul 21.53 WIB pasien yang masih dirawat di Puskesmas Wanayasa berjumlah 56 orang. Sedangkan 9 orang lagi dirujuk ke RS Holistik Pondoksalam. 

Menurut Deni, pihaknya masih siaga atas kejadian ini. Bahkan, sudah berkoordinasi dengan RSUD Bayu Asih jika ada pasien keracunan yang harus ditangani di RS milik pemerintah itu. 

“Saya masih standby di lapangan, memanta jalannya penanganan paramedis terhadap pasien keracunan,” jelasnya. 

Sementara itu, Camat Kiarapedes Helmi Setiawan, mengatakan, pasien keracunan dilarikan ke fasilitas kesehatan yang berbeda. Seperti, Puskesmas Kiarapedes, Puskesmas Wanayasa, Klinik Ibnu Sina dan RS Holistik. Korban keracunan mayoritas anak-anak. “Untuk biaya pengobatan dan perawatan ditanggung sama pemerintah,” ujar Helmi. Secara terpisah, Kepala Dusun Kampung Cikubang, Enung Kosasih, mengatakan, ada 250 nasi yang dibagikan setelah shalat Jumat. Pembagian nasi ini merupakan Jumat Berkah

“Makannya berisi nasi, telur, dan mie,” ujarnya. ***