SMAN 2 Cikampek Persiapkan OSN Tingkat Provinsi Jabar

TRANSJABAR.COM | Kepala SMAN 2 Cikampek Drs. H. Unang Suryawan, M.Pd, didampinggi Wakasek Humas Mimin Rukmini, S.Pd menjelaskan, selain persiapan PPDB tahun ajaran 2023/2024, Penilaian Sumatif Akhir Tahun ( PSAT) sekolah juga sedang mempersiapkan peserta didik yang saat ini sedang mengikuti seleksi OSN ( Olimpiade Sains Nasional ) uji kompetensi tingkat Propinsi Jawa Barat yang diprediksi akan digelar pada bulan Juni 2023 mendatang.

Ia mengatakan, dari 45 peserta didik yang ikut seleksi OSN uji kompetensi untuk tingkat SMA ada 1 peserta didik yang lolos tingkat Kabupaten Karawang digelar pada tanggal 5 – 6 April 2023 lalu yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional ( Puspresnas ).

” Ada dua jurusan yang diujikan, yaitu Jurusan IPA dan IPS, ” katanya.

Ia merinci untuk jurusan IPA terdiri dari Mata Pelajaran ( Mapel ), yaitu; Matematika, Fisika, Astronomi, Biologi dan Kimia. Sedangkan untuk jurusan IPS terdiri Ekonomi , Geografi, kebumian, dan Tekhnologi Informatika.

” Dari seleksi dua jurusan ini 1 orang yang masuk dengan nama Nandia Rahmadina Kelas XI IPA 5 dengan mata pelajaran Astronomi,” ujar Kepala SMAN 1 Cikampek, Senin ( 15/5/2023).

Sementara itu, Nandia Rahmadina satu -satunya peserta didik yang meraih berhasil lolos dari seleksi OSN tingkat Kabupaten Karawang mengaku bersyukur dapat mewakili SMAN 2 Cikampek mengikuti seleksi OSN tingkat Kabupaten.

Shingga hasil ini dapat dijadikan pengalaman untuk menghadapi pelaksanaan OSN seleksi tingkat Provinsi Jawa Barat.

” Lebih dari sepekan memersiapkan pemantapan seleksi OSN tingkat kabupaten, dengab mempelajari pengalaman tahun sebelumnya sehingga ada gambaran, termasuk soal yang diujikan biasanya soal yang mirip, ” jelasnya.

Ia katakan, semua hambatan bisa dilalui dengan baik, untuk persiapan menghadapi OSN tingkat Jabar, selain belajar mandiri juga minta bimbingan guru terkait dengan mata pelajaran yang diujikan.(ctr/sr).