Terkait Bantuan Bencana, Bupati Cianjur Dilaporkan Ke KPK

Transjabar.com | Juru Bicara KPK Komisi Pemberantasan Korupsi Ali Fikri membenarkan Bupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan oleh masyarakat terkait dengan dugaan menyelewengkan bantuan asing untuk gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur.

Ali Fikri katakan, pihaknya belum dapat merinci untuk menjelaskan kepada media terkait dengan isi materi pelaporan.

“Setelah kami cek, benar ada pengaduan dari masyarakat. Namun tidak bisa menyampaikan kepada publik terkait pelapor dan materi, ” ujar Ali Fikri, Senin, (26/12/2022).

Sementara itu, Bupati Cianjur Herman Suherman dilaporkan ke KPK pada tanggal 16 Desember 2022. Kepada media perwakilan Acsenahumanis Respon Foundation menyebut bahwa mulanya, bantuan yang diberikan oleh Emirates Red Crescent berupa 2 ribu lembar selimut, 25 ton beras, 1.000 paket kebersihan, 500 lampu bertenaga solar, serta batere carge untuk tenda.

“Bupati memotong SOP yang sudah dibuat BNPB, serta merepacking bantuan menjadi berbeda,” kata pelapor.

Sementara respon Bupati Cianjur, Herman Suherman menanggapi dilaporkan dirinya ke KPK, Herman menilai itu ujian berbentuk fitnah terhadap dirinya.

“Mohon doanya dari seluruh masyarakat Cianjur agar saya bisa memberikan pelayanan terbaik untuk warga Cianjur yang terkena gempa bumi,” kata Herman melalui akun pribadinya di Instagram.(er/red)