Buah Kelapa Bisa Mencegah Penuaan Dini

Ternyata buah kelapa selain segar dan melepaskan dahaga, buah ini banyak memiliki manfaat. Buah kelapa yang memiliki warna hijau untuk yang muda, dan memiliki warga kecoklatan untuk kelapa tua dengan bentuk bulat agak agak lonjong ini memang buah yang sangat subur tumbuh di wilayah Indonesia, bahkan hampir diseluruh negara buah ini dapat dengan mudah tumbuh dan berkembang.  

Kelapa atau disebut dengan Cocos nucifera adalah golongan tanaman sejenis aren arenan ata Arecaceae atau Coconut ( Bahasa Inggris) adalah pohon tunggal

Menurut hasil analisis, dalam air Kelapa tua mengandung sekitar 91% mineral, 0,3% protein, 0,15% lemak, 7,3% karbohidrat dan 1,06% abu. Air Kelapa juga mengandung vitamin C 2,7 mg/ 100 ml. Sedangkan kandungan mineral air Kelapa terdiri atas kalium, natrium, kalsium, magnesium, tembaga, besi, dan lainnya.

Ini 5 Manfaat Buah Kepala

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kelapa muda yang pertama adalah sangat baik untuk diet. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping. Jadi, lebih baik mengonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat-obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat kelapa muda juga dapat mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal. Air kelapa mengandung enzim bioaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Manfaat kelapa muda juga berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kelapa muda selanjutnya adalah untuk kecantikan, yaitu membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Dengan elektrolit yang tinggi tersebut, manfaat kelapa muda dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda juga sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

Mengoptimalkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan vitamin dan mikronutrien, seperti zink, tembaga, mangan, dan selenium. Sejumlah senyawa tersebut dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

Menangkal Radikal Bebas

Air kelapa muda kaya akan senyawa fenolik, yang merupakan senyawa antioksidan untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Senyawa tersebut juga diketahui dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif pada sel tubuh.