7 Manfaat Daun Salam Buat Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan DAUN SALAM, jenis tanaman rempah yang dapat tumbuh subur, pohon yang memiliki ukuran sedang dengan ketinggian mencapai 30 sampai dengan 60 cm, dan memiliki kulit batang berwarna coklat abu – abu dan bersisik.

Tanaman atau pohon salam ini dapat tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, dan rata rata dapat tumbuh subur pada tanah yang memiliki ketinggian 225 – 450 meter diatas permukaan laut dengan curah hujan 3.000 – 4.000 mm/ tahun.

Tanaman salam yang biasanya dimanfaatkan daunya ini selain dapat menambah rasa harum pada masakan, juga sebagai tambahan penyedap dalam masakan agar semakin lebih sedap dan enak. Namun siapa sangka daun penyedap ini bukan saja mampu memberikan cita rasa pada masakan, tapi ada banyak ragam manfaatnya.

Apa saja ragam manfaat pada daun salam dengan nama ilmiahnya Syzygium polyanthum ini, mari kita simak sedikitnya ada 7 manfaat bagi kesehatan tubuh kita

1. Memperbaiki Saluran Pencernaan

Daun salam memiliki kandungan enzim dengan protein yang tersedia di dalamnya dan dapat memberikan rasa nyaman untuk mereka menjalani program diet nonvegetarian. Bagi yang mengalami masalah pencernaan disarankan mengonsumsi air rebusan daun salam. Air rebusan daun salam bisa mengatasi masalah pencernaan, seperti perut yang kembung, mulas, tidak teratur buang air besar, sembelit.

2. Obat Asam Urat

Air rebusan daun salam dapat mengatasi mereka yang memiliki masalah asam urat. Penyakit asam urat merupakan penyakit yang menyerang persendian. Mereka yang menderita asam urat sering kali merasakan nyeri yang membuat aktivitas menjadi terganggu. Kandungan asam urat yang tinggi membuat rasa nyeri tersebut terasa sangat menyakitnya. Untuk mengobati penyakit ini bisa menggunakan daun salam.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat daun salam lainnya yakni bisa menjadi obat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Kandungan flavonoid yang cukup tinggi dalam daun salam mampu menurunkan tekanan darah. Kandungan Quercetin yang ada di dalam tanaman rempah ini juga mampu menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

4. Menyembuhkan Radang di Lambung

Manfaat lain dari daun salam yaitu bisa menyembuhkan peradangan lambung. Peradangan yang terjadi di lambung bisa menyebabkan gangguan lain pada saluran pencernaan. Selain itu, lambung yang meradang juga bisa membuat siapa saja yang menderitanya merasa tidak nyaman.

5. Kesehatan Jantung

Asam caffeic merupakan senyawa organik penting yang ditemukan dalam daun salam. Senyawa itu berguna untuk meningkatkan kesehatan jantung. Asam caffeic dapat membantu menghilangkan LDL atau kolesterol jahat dari sistem kardiovaskular.

6. Meredakan Stres

Manfaat daun salam berikutnya yakni kaya akan linalool. Senyawa ini dapat membantu menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh, terutama bila digunakan sebagai aromaterapi. Kelebihan hormon stres bisa berbahaya bagi kesehatan jangka panjang, sehingga manfaat daun salam dapat membantu Anda tenang dan tetap rileks bahkan di saat-saat kecemasan sedang melonjak.

7. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun salam ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula penyebab diabates. Manfaat daun salam untuk kesehatan ini karena memiliki kandungan flasvonoid yang mampu menurunkan kadar gula dengan cepat. Anda bisa meracikanya di tambah dengan bahan alami lain seperti kumis kucing. Rebus kedua bahan tersebut lalu minum air hasil rebusannya. ( red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *