Laju Pertumbuhan Ekonomi Purwakarta Merangkak Naik

TRANSJABAR.COM | Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) merupakan suatu indikator ekonomi makro yang menggambarkan seberapa jauh keberhasilan pembangunan suatu daerah dalam periode waktu tertentu. Indikator ini dapat pula dipakai untuk menentukan arah kebijakaan pembangunan yang akan datang.

Dalam konteks Kabupaten Purwakarta, laju pertumbuhan ekonomi pada periode tahun 2021 sampai 2022, tercatat naik sekitar 1,82 persen. Dari yang awalnya sebesar 3,42 persen, pada tahun 2022 menjadi 5,24 persen.

“Beberapa hari lalu, BPS Purwakarta merilis LPE Kabupaten Purwakarta yaitu diangka 5,24 persen ini jauh lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya yaitu 2021 hanya sebesar 3,42 persen,” kata Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Senin 06 Maret 2023.

Menurutnya peningkatan LPE yang cukup signifikan ini tentu harus kita sambut baik dengan rasa optimisme bahwa ekonomi Purwakarta ini akan semakin membaik dengan kondisi ekonomi nasional dan global yang sudah semakin membaik pula.

“Angka 5,24 persen ini melebihi dari pada target RPJMD tahun keempat yang diangka sekitar 4 persen. Ini menandakan semua sektor di Purwakarta itu berjalan beriringan,” kata Ambu Anne.

Pasalnya, LPE itu bukan hanya nilai nominalnya, perputaran uang dan investasi, tapi lebih dari itu ada faktor yang lain seperti pembangunan SDM, pembangunan infrastruktur yang menjadi faktor pendukung dan pembangunan- pembangunan yang lainnya. “Dan LPE 5,24 persen itu, telah melebihi target yang sudah kita tentukan,” demikian Ambu Anne.(red).