Gempa Mg 5,7 Pacitan Tidak Berpotensi Tsunami

TRANSJABAR.COM | Meskipun membuat panik namun tidak berpotensi tsunami gempa magnitudo 5,7 yang  mengguncang kawasan pesisir selatan Pacitan Jawa Timur, pada Minggu ( 23/7/2023).

Akibat gempa tidak ada kerusakan ataupun korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, warga sempat trauma dan khawatir terjadi gempa susulan.

Aktivitas pasca gempa masih dipantau dan pihak BPBD Pacitan mesih terus melakukan koordinasi dengan jaringan relawan TRC ( Tim Reaksi Cepat ).

Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko menyampaikan, menghimbau kepada warga agar tetap waspada meskipun gempa yang terjadi kali ini tidak berpotensi tsunami.


Erwin merinci Gempa magnitudo 5,7 terjadi sekitar pukul 19.33 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan pusat gempa berada di 84 km barat daya Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Ia menjelaskan, lokasi gempa tepatnya berada di 8,94 lintang selatan, 111.04 bujur timur di kedalaman 10 kilometer. BMKG dalam rilisnya menyatakan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.(Soni).