KCD Wil IV Disdik Jabar Berikan Pembinaan Materi

TRANSJABAR.COM | Kepala Cabang Dinas Wil IV Disdik Jabar Budi Hermawan, S.Pd., M.Phil.SnE terus menerus memberikan pembinaan untuk SMA/SMK dan SLB di Wilayah IC Disdik Jabar, salah satunya pembinaan materi dengan tema Era Industri 5.0 yang dilaksanakan di SMKN 1 Tirtamulya, pada tanggal 15 Juni 2023 lalu.

Dalam kesempatan itu, Budi menyampaikan bahwa saat ini hampir semua sektor di Era Industri 5.0 sudah melakukan digitalisasi tekhnologi informasi, dan hal itu harus dilakukan di sektor Pendidikan. Menurut Budi, ada dua alasan mendasar dari kebijakan pembangunan Pendidikan saat ini.

Yang pertama tentang Visi Pendidikan Indonesia, yaitu; Mewujudkan Indonesia maju berdaulat, mandiri dan kepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila. Kedua adalah tantangan kemajuan teknologi informasi dan era globalisasi.

Ia sampaikan, bahwa situasi saat ini mendorong agar semua dapat membangun kolaborasi lalu menciptakan inovasi melalui berbagai sarana dan fasilitas. Salahsatunya adalah fasilitas digital yang dapat digunakan sebagai sumber belajar, sarana belajar serta dapat mengakses informasi yang akan membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Menurut Budi, hal sederhana terkait digitalisasi Pendidikan, misalnya mendorong sekolah dan peserta didik menciptakan konten prestasi dan Pendidikan di media sosial di tengah banjir informasi tak bermutu dan hoaks.

” Digitalisasi pendidikan ini diharapkan sesuai kebutuhan sekolah, mengutamakan pendidikan karakter dan literasi siswa, ” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut. Ketua Dharma Wanita KCD Wilayah IV, Kepala Sekolah dan Jajaran Guru serta Tenaga Kependidikan.

Kegiatan tersebut diakhir dengan dialog seputar kebijakan pendidikan di lingkungan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV.(red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.