Stabilkan HET Minyak Goreng Curah, Disperindag Karawang Lakukan Operasi Pasar

transjabar.com – Guna menstabilkan atau menormalisasikan Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Karawang melakukan operasi pasar (OP) di pasar modern dan traditional Cikampek Trade Center (CTC), Sabtu (28/5/2022).

“Ini dari Kementerian untuk mengalokasikan operasi pasar minyak goreng curah kepada masyarakat dan UMKM. Ini hanya sebatas pendistribusian atau suplai dari pusat supaya harga bisa normal kembali,” kata Dedi Iskandar Pelaksana Analisis Perdagangan Disperindag Karawang.

Dedi menjelaskan, saat ini operasi pasar minyak goreng curah tersebut, stok yang tersedia sebanyak 10 ton untuk didistribusikan ke 4 wilayah pasar di Karawang.

” Yaitu pasar CTC Cikampek dan sekitarnya, Pasar Jatisari, Pasar Lemahabang Wadas dan pasar Cilamaya,” ungkapnya.

Sementara, pedagang pasar CTC Cikampek H. Emon menyatakan, harga yang dipatok OP minyak goreng curah tersebut hampir seimbang dengan harga agen yg biasa mensuplainya.

” Harga kemarin dua hari yang lalu saya beli Rp. 14.900 per kg. Sekarang OP minyak goreng curah mematok harga sebesar Rp. 14.500 per kg,”paparnya.

H. Emon menambahkan, pihaknya menyambut baik dengan OP tersebut, namun dalam pelayanannya harus selektif dan berstandar.

“Jangan sampai ada yang membeli 1 – 2 kg disamakan. Ini akan menghambat dan tentunya saya agak susah menjualnya. Akhir ini saya menjual minyak goreng curah yang sudah dikemas Rp. 16.500 per kilogram ,” tambahnya.

Diketahui, OP harga minyak goreng curah mematok harga sebesar Rp. 14.500 per kg dan Rp. 13.000 per liter.

Sedangkan, Kepala UPTD pasar Wilayah II Hasan Mahpud, S.E.MM mengapresiasi pemerintah melakukan OP minyak goreng curah tersebut.

” Semoga OP minyak goreng curah ini dapat menstabilkan HET di pasaran,” singkatnya.

OP minyak goreng curah tersebut dihadiri Kepala UPTD pasar Wilayah II Karawang, Kepala Mantri pasar Cikampek 2, anggota Polsek Cikampek, para pedagang pasar Cikampek dan masyarakat sekitar. (dd)