Puskesmas Cikampek Laksanakan Program Pembinaan dan Pemilihan Dokter Kecil

Transjabar.com – Upaya meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah, UPTD Puskesmas DTP Poned Kecamatan Cikampek, Kabupaten Karawang melaksanakan program pembinaan dan pemilihan dokter kecil tingkat SD/MI se-Kecamatan Cikampek di Aula Kecamatan Cikampek, Rabu (28/9/2022).

“Kita mengadakan dokter kecil ini untuk membina Sekolah Dasar membentuk kader kesehatannya, sehingga lingkungan sekolah sehat,” kata Wiwi Pelaksana Promosi Kesehatan Puskesmas Cikampek kepada media.

Wiwi menjelaskan, pihaknya menyampaikan materi dasar berkaitan dengan penyakit biasa yang ada di lingkungan sekolah.

“Biasanya diare, gigitan nyamuk, batuk pilek, jadi pertolongan pertama dulu yang harus diadakan di sekolah. Seperti di kotak P3K-nya harus ada kayu putih dan betadin, kasa itu sudah disampaikan. Sekolah juga harus mempunyai fasilitas unit kesehatan sekolah,” tuturnya.

Diketahui, dalam acara pembinaan tersebut diikuti sejumlah 34 SD/MI Kecamatan Cikampek. Masing-masing sekolah diwakili 1 siswa kelas 4 yang didampingi guru kelasnya.

Dalam penutupan acara pembinaan dokter kecil, masing-masing siswa mendapatkan sertifikat dokter kecil dan hanya terpilih 3 siswa sebagai dokter kecil dengan katagori nilai tertinggi.

“Juara 1 MI Nurul Huda Cikampek Timur, juara 2 SD Pupuk Kujang dan juara 3 SDN Cikampek Timur 1. Penilaiannya hasil akumulatif free tes sebelum acara dimulai dan sesudah pelaksanaan pembinaan,”ujarnya.

Dia berharap, ke depan pihak sekolah membentuk para kader dokter kecil dan fasilitas UKS serta giat kebersihan.

“Kita lebih tekankan ke Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),”tutupnya.(dd).