Ini Program Pemdes Ciwaringin Sampah Jadi Sarana Sodaqoh

Transjabar.com – Persoalan sampah menjadi permasalahan pelik dan klasik, namun lain halnya di desa Ciwaringin, Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Karawang sampah menjadi sarana bersodaqoh.

Itulah program sodaqoh sampah pemerintah desa Ciwaringin yang dipelopori para kader PKK tengah berlangsung selama ini.

“Alhamdulilah, di saat digulirkannya program sodaqoh sampah, hasil sampah yang kami kelola dari masyarakat sudah mencapai Rp. 5, 5 juta selama dua bulan ini. Kami salurkan kembali uang itu kepada masyarakat diantaranya, kaum dhuafa, yatim piatu dan para guru ngaji,” ujar Rini Nuraeni ketua PKK desa Ciwaringin saat dihubungi, Jumat (21/1/2022).

Rini mengatakan, sodaqoh melalui sarana sampah itu sebagai sebuah langkah awal dalam membangun diri untuk beramal dari hal yang tak berguna menjadi bermanfaat bagi masyarakat itu sendiri.

” Intinya kami menyadari hidup ini harus saling membantu, peduli terhadap lingkungan masyarakat untuk menjalin rasa persaudaraan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ciwaringin Sanusi Anwar menuturkan, program sodaqoh sampah tersebut ruang lingkup nya baru mencapai sebagian wilayah desanya.

“Insya Allah ke depannya bisa terealisasikan menyeluruh. Hidup ini berproses, jadi perlu waktu dalam menyadarkan diri kita semua untuk saling berbagi, walaupun sarananya melalui sampah limbah plastik (gelas plastik, botol plastik, red),” tuturnya.

Lebih lanjut, Uci sapaan akrab kepala desa Ciwaringin itu menjelaskan, terkait mekanisme kinerja sodaqoh sampah itu, di setiap RT tersedia pos sebagai tempat penampungan sampah.

“Setiap hari kepala keluarga harus menyisihkan minimal 2 sampah botol atau gelas plastik. Seminggu sekali kami bersama kader PKK, RT, Karang Taruna dibantu aparatur desa yang lainnya menarik sampah ke penge-pool,” katanya.

Uci juga berharap, program sodaqoh sampah tersebut dapat menjadi tolok ukur pembelajaran dan pembinaan bagi masyarakat untuk hidup kebersamaan atau gotong royong.

“Di masa PPKM perekonomian yang belum normal ini, masyarakat desa Ciwaringin bisa terbentuk sifat kepedulian pada lingkungan sekitarnya,” harapnya. (dd).