Silatnas MAPI ke-4 Indonesia Menuju Pelayanan Publik Digital


TRANSJABAR.COM | Apresiasi kepada kantor pelayanan publik di Indonesia yang berkomitmen melakukan perubahan diberikan oleh Masyarakat Anti Pungli Indonesia (MAPI), di El Royale Hotel, Jakarta, Rabu, (10/01/2023).

Selain memberikan penghargaan, acara Silaturahmi Nasional (Silatnas MAPI) juga menggelar Seminar Nasional tentang Pencegahan Pungli di pelayanan publik, khususnya di jajaran Kementrian ATR/BPN.

“Ayo mulai menjadi pelayan publik yang jujur. Walaupun berat dilaksanakan dan mudah diucapkan, sikap jujur ini yang akan mampu membangun pelayanan publik yang baik dan berkualitas, Satgas Saberpungli akan terus memaksimalkan perannya untuk memantau dan memberantas pungutan liar di sektor pelayanan publik,” ujar Sekretaris Satgas Saberpungli Pusat Irjen Pol Andry Wibowo, dalam sambutannya.

Lebih lanjut pria dengan dua bintang dipundaknya itu juga menyampaikan, bahwa jajarannya ada disetiap daerah di Indonesia, dan memonitor kinerja pelayan publik, termasuk MAPI yang terus kita kuatkan untuk ikut memantau bitokrasi pelayanan publik.

“Jangan sampai banyak lagi yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT), cukup sudah, terlalu banyak aparatur yang terjaring OTT dalam jabatan layanan publik. Hentikan karena sekarang jaman sudah terbuka dan semua orang bisa melaporkan tindakan-tindakan yang menyalahi aturan” tegas Andry

Dewan Pembina MAPI Letkol CPM (P) Endang Agustian, menjelaskan bahwa sebagai lembaga yang langsung diarahkan dan dibina oleh Satgas Saberpungli, MAPI akan selalu konsisten dalam perjuangannya dalam pencegahan dan pemberantasan pungli di sektor pelayanan publik.

“Amanat Perpres No. 87 tahun 2016 dalam pasal 12, peran serta masyarakat menjadi penting unyuk ikut serta membangun sistem dan informasi pencegahan dan pemberantasan pungli. MAPI akan terus konsisten berbuat untuk bangsa yang kita cintai ini,” kata proa yang juga pernah menjabat Sekretaris Pokja Pencegahan Satgas Saberpungli Pusat itu.

Sementara Staf Ahli Bidang Partisipasi Masyarakat dan Pemerintah Daerah Kementrian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada MAPI yang terus konsisten menjadi mata dan telingan Kementrian ATR/BPN, dalam memantau dan meningkatkan kualitas pelayan publik.

“Apresiasi untuk MAPI, yang terus menjadi mitra strategis kami dalam meningkatkan kualitas pelayanan kami kepada masyarakat. Kami sadar dan terus meningkatkan kinerja kami dengan sejumlah layanan elektronik, agar kedepan tidak ada lagi pemohon dan pemberi ijin bertemu muka, hal itu adalah upaya untuk pencegahan pungli di lungkungan kami,” ujar wanita yang juga pernah menjabat Kepala Biro Humas ATR/BPN itu.

Seperti diketahui, dalam acara Silatnas MAPI ke-4 itu, ada 34 kantor pelayanan publik, mulai dari Kanwil ATR/BPN, Kantor Pertanahan Kabupaten/Kota, Kantor Imigrasi, Kantor Wilayah Hukum dan HAM, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)] serta sejumlah Kepala UPP Satgas Saberpungli Provinsi di Indonesia yang mendapatkan penghargaan atas dedikasi dan kinerjanya dalam upaya peningkatan kualitas pekerjaan dan pencegahan pungli. (Ctr/ Red)