Peserta Open Bidding Banyak Mendaftar di Hari Terakhir

TRANSJABAR.COM, SUMBER – Kendati pendaftaran Open Bidding resmi ditutup pada Selasa (23/10) kemarin, pukul 15.00 WIB, namun Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Cirebon memberi toleransi pendaftaran terakhir sampai pukul 23.59 WIB. Toleransi diberikan mengingat kesibukan para calon pendaftar yang tidak bisa ditinggalkan.

Hingga Selasa (23/10) pukul 15.50 WIB pendaftar open bidding sudah mencapai 34 orang. Ke 34 pendaftar itu sudah tersebar di tujuh formasi yang tersedia dilingkungan Pemkab Cirebon. Itu berarti, syarat minimal 3 orang pendaftar untuk satu formasi terlampaui.

Kabag Mutasi BKPSDM Kabupaten Cirebon, Sri Darmanto, diruang kerjanya mengatakan, dari jumlah tersebut masih dimungkinkan akan bertambah jelang penutupan pendaftaran pukul 0l
23.59 WIB. Menurut Sri Darmanto, kondisi tersebut menunjukkan antusiasme pendaftar dalam open bidding untuk tujuh formasi dilingkungan Pemkab Cirebon itu.

“Sampai saat ini, pukul 15.50 wib sudah masuk 34 pelamar yang tersebar di tujuh formasi. untuk staf ahli bidang kemasyarakatan ada 5 pelamar, DPPKP3A 5 pelamar, untuk kepala dinas lingkungan hidup jumlahnya cukup banyak, ada 7 orang, kemudian dinas sosial 5 orang, kesbangpol 4 orang, sekretaris DPRD 4 orang dan DPMD 4 orang,”papar Sri Darmanto.

Tahapan selanjutnya, setelah pendaftaran ditutup, kata Sri, pihaknya akan melakukan seleksi administrasi mulai tanggal 24 Oktober sampai 30 Oktober. Kemudian pada tanggal 30 Oktober, dihari terakhir seleksi administrasi, akan diumumkan hasil seleksi administrasi.

“Pada tanggal 30 oktober kita umumkan hasil seleksi administrasi, tapi kita akan beri toleransi jika bukan hal-hal yang substansial,” ujarnya.

Tahapan selanjutnya, lanjut Sri, pada tanggal 1 November para pendaftar akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan secara bersamaan di salah satu rumah sakit yang sudah ditunjuk, dengan biaya ditanggung Pemkab Cirebon.

Ditambahkan Sri, setelah tahapan pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan selesai, para peserta masih harus menjalani tes psikologi dan tes kompetensi oleh assesmen center pada tanggal 5 November. “Kemudian pada tanggal 7 november hasil tes psikologi dan kompetensi diumumkan oleh assesmen center,” tuturnya.

Usai dinyatakan lolos tes psikologi dan kompetensi, imbuh Sri, pada tanggal 8 November Panitia Seleksi (Pansel) akan melakukan wawancara dan penelusuran rekam jejak para peserta open bidding.

“Setelah itu, pada tanggal 9 november adalah pengumuman final,”ucap Sri. Informasi yang berhasil dihimpun Suara Cirebon, menyebutkan, jika seluruh tahapan dapat ditempuh sesuai rencana, maka peserta open bidding yang lolos seleksi akan dilantik pada tanggal 28 November 2018. “Tapi (jadwal pelantikan) itu bisa saja berubah,” tepis Sri. (Falah)