Kejar Pelunasan, Pemcam Lemahabang Evaluasi Setoran PBB

TRANSJABAR.COM, CIREBON – Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salahsatu sumber pendapatan asli daerah (PAD) untuk menunjang keberlangsungan pembangunan dalam segala bidang. Karena itu, pembayaran PBB dari masyarakat sangatlah penting dalam menentukan pembangunan daerah.

Mengingat pentingnya pajak ini, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Lemahabang pun terus melakukan evaluasi terhadap pemerintahan desa (pemdes) agar segera melunasi PBB melalui para kolektor yang telah ditunjuk. Senin (23/10), Muspika Kecamatan Lemahabang melakukan pertemuan bersama Pemdes Belawa untuk membahas masalah PBB.

Hadir dalam kesempatan tersebut sejumlah pejabat Pemcam Lemahabang, kuwu dan perangkat Desa Belawa, serta lainnya.

Sekretaris Kecamatan Lemahabang, Dra R Elly Rosita Nur dalam acara yang dilaksanakan di aula Kantor Desa Belawa mengatakan, pihaknya aktif melakukan monitoring. Tidak hanya masalah PBB, tapi juga pembangunan yang bersumber dari dana pemerintah.

“Kami melakukan evaluasi danmonitoring terkait PBB dan hal lainnya seperti penggunaan anggaran yang bersumber dari pemerintah seperti Dana Desa (DD) maupun Alokasi Dana Desa (ADD), termasuk bantuan lainnya. Ini perlu dilakukan pembinaan secara berkesinambungan,” paparnya.

Senada disampaikan Kapolsek Lemahabang, Kompol  Sentosa Sembiring yang didampingi Danramil Lemahabang saat melaksanakan Pembinaan terhadap aparatur Pemdes Belawa. Tidak hanya di bidang keamanan dan ketertiban, pihaknya juga ikut melakukan pembinaan dalam hal penggunaan anggaran pemerintah.

“Sesuai Memorandum of Understanding (MoU) yang telah dibuat bersama Kemendagri, kami dari pihak Polri tentunya secara bersama-sama dengan unsur kecamatan dan lainnya melakukanmonitoring dan pembinaan terhadap pelaksanaan penggunaan anggaran oleh pemerintahan desa. Tujuannya, agar  setiap pengguna anggaran dapat dilaksanakan  sesuai ketentuan dan tidak melanggar hukum,” ujar dia.

Sementara itu, Kasi Pemcam Lemahabang, Mustakim berharap kepada seluruh pemerintahan desa yang ada agar segera melakukan pelunasan penyetoran PBB. Bagi yang melakukan pelunasan dan penyetoran cepat, ada penghargaan khusus yang diberikan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon.

“Kami sangat berharap kepada seluruh pemerintahan desa yang ada di Kecamatan Lemahabang agar segera melakukan pelunasan PBB. Karena, penyetoran PBB yang ada di Kecamatan Lemahabang ini masih sangat rendah. Pemkab Cirebon akan memberikan penghargaan kepada desa yang melunasi PBB sebelum batas waktu yang telah ditentukan, sebagai bentuk kepedulian kepada pemdes,” kata Mustakim.  (Falah)