DAERAH  

Dukung Pemekaran KCT, Dewan  Perjuangkan Anggaran Pembentukan

Selama ini Kendala Dukungan Dana dari Pemda

transjabar_ CIREBON-  Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari wilayah timur mendukung pemekaran wilayah Kabupaten Cirebon Timur (KCT). Bahkan  Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Cirebon Aan Setiawan telah menginisiasi forum Anggota Dewan dari wilayah KCT.

Ditemui di gedung DPRD Kabupaten Cirebon di Sumber. Aan mengungkapkan, dalam  forum Anggota Dewan KCT tersebut, telah banyak didiskusikan terkait langkah-langkah merealisasikan pemekaran KCT.

Anggota Dewan terutama dari wilayah Kabupaten Cirebon Timur sangat mendukung pemekaran KCT. “Bahkan telah sejak lama sekitar 2015 kami sudah menginisiasi forum Anggota Dewan KCT. Memang saat ini aktivitas baru diskusi di grup WhatsApp (WA). Tetapi perkembangnya memang masih menunggu pencabutan moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) oleh presiden,” kata Anggota Dewan dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dukungan yang akan dan telah dilakukan Anggota Dewan terkait pemekaran KCT ini akan memasukkan program baik dalam kegiatan maupun dukungan dana dari APBD.

“Kami telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Pangandaran sebagai DOB. Kami telah mempelajari tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk pemekaran. Sehingga ketika moratorium DOB, Kabupaten Cirebon Timur bisa segera terwujud,” terang Aan.

Ketika ditanya terkait kendala pemekaran KTC yang perkembangannya tidak semulus Indramayu Barat dan Bogor Barat, Aan mengakui kendala terbesar dari wacana pemekaran KCT jalan di tempat adalah belum adanya dukungan dana dari Pemda.

“Kendalanya kenapa rencana pemekaran KTC ini jalan di tempat utamanya belum ada dukungan dana dari Pemda. Karena untuk menginisiasi serta melakukan berbagai tahapan serta kordinasi dengan berbagai tingkat pemerintahan tidak bisa menggunakan dana swadaya atau swasta. Kita belajar dari Pangandaran semua proses didukung penuh pemkab induk,” ungkap Aan.

Untuk itu grup Anggota Dewan KCT, lanjut Aan akan menindaklanjuti rencana pemekaran KCY yang telah disampaikan Gubernur Jawa Barat. Apalagi lanjut Aan, Bupati Cirebon juga telah menyatakan dukungan dan kesiapannya merealisasikan pemekaran.

“Untuk itu langkah kongkrit pertama secara kelembagaan Dewan, kami akan segera mendesak alokasi anggaran untuk melaksanakan semua tahapan dan proses pemekaran. Dengan melihat waktu, paling lambat anggaran pemekaran KCT sudah masuk APBD 2019. Karena APBD perubahan 201i sudah mulai diparipurnakan,” kata Aan. (Falah).