Tingkatkan Program Ketahanan Pangan, DPKP Karawang Berikan Bantuan Altan

TRANSJABAR.COM | Sepanjang tahun 2023 Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan ( DPKP ) Kabupaten Karawang laksanakan program kerja, salah satunya program bantuan Peralatan Pertanian untuk 46 Kelompok Tani tersebar di 19 kecamatan dan 289 orang / petani yang tersebar di 9 kecamatan seKabupaten Karawang.

Kepala DPKP Kabupaten Karawang Drs. H Asep Hazar, MSc melalui Kabid Prasarana Pertanian Encep Supriyadi, SE menyampaikan program bantuan diberikan bertujuan meningkatkan programkan ketahanan pangan di Kabupaten Karawang.

Ia merinci program peralatan pertanian yang telah dibagikan kepada kelompok tani yaitu : Traktor Roda Dua sebanyak 15 Unit sumber APBN, Combine Hasverter sebanyak 9 unit, Pompa Air 3 Inch sebanyak 14 unit dengan bahan bakar BBM Pertalite, Bantuan pompa Air 3 Inch 289 unit dengan bahan elpiji ( BBG ), dan bantuan Cultivator/ traktor ukuran kecil sebanyak 8 unit bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2023.

” Sedangkan bantuan peralatan pertanian bersumber APBD II Tahun Anggaran 2023 berupa traktor roda dua sebanyak 33 unit, ” ujar Encep.

Ia mengatakan, secara ril bantuan peralatan pertanian untuk kelompok tani ini diawasi selain oleh Dinas Pertanian sendiri, juga di periksa oleh Irjen Kementan dan BPKP RI.

Hal ini dilakukan berdasarkan pengalaman tahun 2018- 2019 banyak bantuan yang mangkrak sehingga pengawasan dan pemeriksaan ini dijadikan bahan evaluasi untuk bantuan tahun berikutnya.

Mangkraknya atau tidak dapat difungsikan alat bantuan pertanian seperti Combine banyak faktornya, salah satunya karena bantuan Altan tidak sesuai dengan kondisi wilayah diantaranya kultur tanah di Karawang yang mayoritas cenderung dalam.

” Makanya bantuan Combine yang diberikan di tahun 2023 Combine jenis Harvester, ” katanya, Senin ( 21/12/2023).

Sedangkan bantuan APBD II Tahun Anggaran 2023 sebanyak 33 unit rencana akan diberikan bantuan kepada kelompok tani sebanyak 33 kelompok.

” Saat ini traktor jenis kubota masih dalam tahapan perakitan, diperkirakan pekan ini selesai dan sebelum akhir Desember 2023 sudah dibagikan, ” katanya.

Ia berharap, program bantuan yang diberikan kepada petani dapat menunjang bagi pertanian di Kabupaten Karawang, seperti diketahui Karawang sendiri memiliki luas baku sawah yang ada di Kabupaten Karawang yang mencapai 101 ribu hektar lebih

Dengan harapan sebagai daerah lumbung padi, produksi padi tiap hektarnya dapat ditingkatkan, dengan luas baku sawah yang ada di Kabupaten Karawang yang mencapai 101 ribu hektar lebih.

” Minimal produksi padi tiap hektarnya dapat menghasilkan 6 ton GKP dengan pertahun sesuai target dapat mencapai 1,3 juta ton KGP ” harapnya.( Ctr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *