Kades Cicinde Utara : Ketersediaan Altan Menunjang Tingkatkan Produksi Padi

TRANSJABAR.COM | Kepala Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Kabupaten Karawang H Ajat Sudrajat mengatakan, berterima kasih dengan program – program bantuan pemerintah dalam rangka menunjang ketahanan pangan di wilayah Desa Cicinde Utara.

Bantuan yang diberikan pemerintah diantaranya peralatan pertanian ( Altan ) berupa Combine Harvester ( mesin perontok padi ), mesin pompa air dan alat penunjang pertanian lainya sangat diperlukan bagi petani dalam rangka meningkatkan produktifitas pertanian.

Kades Ajat merinci, luas area pertanian di wilayah Desa Cicinde Utara luasnya mencapai 260 hektar lebih, dengan rata – rata kalau kondisi baik petani dapat menghasilkan 5 ton gabah kering basah setiap bahunya.

Ia menyampaikan dengan ketersediaan Altan sangatlah baik dapat memberikan potensi peningkatan produksi padi semakin lebih baik, termasuk memberikan kemudahan petani pasca panen dalam pengelolaan lahan pertanian.

Ia menjelaskan, saat ini kendala yang ditemui dilapangan berkaitan dengan pasokan air dengan sistem irigasi, cuma karena areal irigasi Diwilayah bagian barat dan terbagi 5 Desa, Pamekaran, Jayamukti, Cicinde Utara dan Cicinde Selatan dan Jatibaru.

” Agar stabil pasokan air untuk kebutuhan air ke area persawahan harus dilakukan codetan di kali Ciliwung, Kecamatan Jatisari, ” katanya, Selasa ( 12/12/2023).

Sementara untuk kebutuhan debit air dengan luas diarea yang dimiliki salah satu kendala lainya yaitu karena seringnya terjadi kebocoran disebabkan karena memang saluran irigasi mengalami pendangkalan.

Lebih lanjut, kata Ajat, program ketahanan pangan lainya yang saat ini sedang dikembangkan di Desa Cicinde Utara yaitu program UPPO, Bioflok. ( red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *