RM Saung Cobek Sa’ayana Hidangkan Selera Varian Makanan Cobek Tradisional Khas Sunda

Karawang|Transjabar.com – Kendatipun masih kondisi pandemi covid-19 masih belum teratasi, Daerah Kabupaten Karawang tumbuh dan berkembang destinasi wisata kuliner. Salah satunya Rumah Makan Saung Cobek Sa’ayana dengan menghidangkan selera makanan tradisional khas Sunda di jalan Cikereteg, Desa Wanajaya Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang.

Kepala Desa Wanajaya dan juga Pemilik RM Saung Cobek Sa’ayana Emin Syaepudin mengatakan, dirinya mendirikan Rumah Makan Saung Cobek Sa’ayana tersebut pada prinsipnya untuk memberdayakan dan menggali potensi masyarakat Desa Wanajaya.

” Alhamdulilah saya mempunyai karyawan 20 orang, 15 orang warga Wanajaya dan 5 orang ngambil dari luar sebagai koki profesional. gimana caranya, warga saya bisa bekerja dan gambang masuk kerja. Itulah selama ini yang menjadi harapan saya,”ucap Emin saat ditemui di rumahnya.

Cobek Sa’ayana menyajikan berbagai varian makanan yang basicnya dari cobek ciri khas Sunda di Kabupaten Karawang.

Rumah Makan Saung Cobek Sa’ayana mengajak Wisatawan kuliner untuk menikmati makanan tradisional yang bernuansa alami.

Kata Emin Rumah Makannya juga difasilitasi room meeting ber AC, alat infocus, ruang karaoke keluarga dengan interior dan ornamen bangunan berkhaskan kampung sunda serta ditopang gazebo untuk makan dan beristirahat diseputaran halaman.

Disamping itu juga sambungnya, tanpa menghiraukan protokol kesehatan, Rumah Makan Saung Cobek Sa’ayana difasilitasi handsanitizer, alat pengukur suhu tubuh.

Dia menuturkan, sajian ciri khas menu makanan kulinernya dengan cobeknya.

” Cobek ikan gurame dan cobek ikan nila, itulah yang menjadi andalan Saung Cobek Saayana,”terangnya.

Dia menyebut, wisatawan kuliner atau pengunjung yang datang ke tempat kulinernya dari berbagai kota.

” Alhamdulilah untuk pengunjung Ada dari Bandung, Bekasi bahkan yang sering dari Jakarta. Karena Rumah Makan kami tempatnya strategis jalur jalan provinsi yang keselatannya menuju objek wisata alam,”tegasnya.

Terkait rencana pengembangan usaha kulinernya, dia berencana akan buka cabang kulinernya diluar desa Wanajaya maupun diluar kabupaten Karawang.”Yang terpenting bisa menyerap tenaga kerja dari lingkungan setempat,” imbuhnya.

Kuliner Saung Cobek Saayana buka dimulai jam 9 pagi sampai jam 8 malam.

Untuk menambah daya tarik kulinernya, di desa Wanajaya dia pun berencana membuka Cafe Kopi, taman bermain anak dan kolam renang. Sehingga nanti kulinernya bisa buka 24 jam.(Dedi),

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *