DPRD Purwakarta Setujui Usulan Tiga Raperda Bupati

Purwakarta|Transjabar.com- Berdasarkan keputusan bersama dalam Rapat Paripurna Tingkat I DPRD Purwakarta yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPRD H Ahmad Sanusi, ke tujuh Fraksi DPRD Kabupaten Purwakarta menyetujui dan menerima tiga raperda yang diusulkan Bupati Purwakarta. Ketiga raperda tersebut yakni; Raperda tentang Penanggulangan HIV AIDS dan Tuberkolosis, Raperda tentang Perubahan atas Perda No. 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta, dan Raperda tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan dan Pemukiman Kumuh.

Juru bicara Fraksi Golkar Rahman Abdurrahman, juru bicara Fraksi Gerindra Zusyef Gusnawan, SE, juru bicara Fraksi PKB Zaenal Arifin, juru bicara Fraksi PDIP Lina Yuliani, juru bicara Fraksi PKS Asep Nuryani, S.Pd.I, juru bicara Fraksi DPN (Demokrat, PPP, Nasdem) Conrad Surawijaya, juru bicara Fraksi Berani Agus Sugianto, SE (Berkarya, Hanura, PAN), dalam pemandangan umumnya menyatakan persetujuannya agar Raperda ini dijadikan Perda, mengingat  pentingnya hal-hal yang disampaikan oleh Bupati.

Ketua DPRD  H. Ahmad Sanusi, menyampaikan bahwa ketiga Raperda tersebut sesuai dengan usulan yang disampaikan secara resmi melalui surat Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mutstika No. 188.342/742/HUK, tertanggal 2 Maret 2020.

Rapat paripurna tingkat I DPRD Purwakarta tersebut dihadiri Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika, Wakil Bupati H Aming, unsur Forkopimda, Pimpinan dan anggota DPRD, Sekda dan pejabat perangkat daerah, Sekretaris DPRD Drs. H. Suhandi, M.Si didampingi Kabag Persidangan dan Perundang-undangan Dicky Darmawan, SH, M Hum, para Camat, para Lurah/Kepala Desa, para Kabag dan Kasubag di lingkungan Setwan, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Bupati Purwakarta, Hj. Anne Ratna Mustika menjelaskan, bahwa Raperda-Raperda ini sudah melalui pembahasan dan kajian internal di lingkungan Pemda Purwakarta. Namun, untuk lebih memperdalam, maka perlu kiranya dibahas kembali dalam rapat-rapat DPRD. Ia melanjutkan, HIV AIDS maupun Tuberkolosis di Purwakarta akhir-akhir ini semakin meningkat dan meluas, walau sejumlah strategi sudah dilakukan.

“Semua ini harus dilakukan tindakan, pendekatan khusus, dan percepatan upaya  melalui pencegahan  dan penanggulangan penularan secara optimal. Maka, diharapkan Raperda ini menjadi pijakan Pemda dan masyarakat untuk menanggulangi penularan HIV AIDS dan Tuberkolosis secara menyeluruh,” kata Anne, Selasa ( 2/3/2020).

Berkaitan dengan usulan Raperda tentang Perubahan atas Perda No. 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Purwakarta, ia mengatakan perubahan status ini dilakukan bertujuan meningkatkan efektifitas, keselarasan, sinergitas serta koordinasi mulai tingkat Pusat, Provinsi sampai Kabupaten, dalam penyelenggaraan Pemerintahan di Bidang Kesatuan Bangsa dan Politik Dalam Negeri.

Lebih lanjut ia katakana berkaitan dengan diterbitkannya Permendagri No. 16 Tahun 2020 tentang pedoman nomenklatur Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, mengamanatkan agar Dinas Damkar dan Penanggulangan sebagai dinas yang mandiri tidak tergabung dengan urusan pemerintahan lainnya.

“Untuk itu, Pemkab Purwakarta harus membentuk BPDB tersendiri, terpisah dengan Dinas Damkar,” jelasnya.

Untuk menjamin penyelenggaraan pemukiman yang berkualitas, efektif dan efisein perlu didukung oleh pemerintah daerah. Penyelenggaran ini merupakan upaya untuk mewujudkan tercapainya tujuan perumahan pemukiman yang layak, sehat, nyaman, tertib dan teratur, maka Raperda ini diharapkan menjadi landasan hukum dan acuan pelaksanaan yang komprehensif dan mewujudkan Kota Tanpa Kumuh (Kotaku)

Sementara itu, setelah Raperda mendapat persetujuan semua fraksi dilanjutkan pengumuman pembentukan Panitia Khusus ( Pansus) guna melakukan pembahasan ketiga Raperda tersebut. Terpilih menjadi Ketua Pansus A Hj. Enah Rohanah – Wakil Ketua Ir. H. M.Arief Kurniawan,MM, Pansus B Ketua Drs. Akun Kurniadi, MMi – Wakil Ketua Devi Mutiasari, Pansus C Ketua Yadi Nurbahrum – Wakil Ketua Alaikassalam, SH.I.(ctr/red).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *