Hadiri Guar Bumi Desa Weragati, Bupati Majalengka Wajibkan Protokol Kesehatan

Majalengka | Transjabar.com – Kreasi budaya daerah sangat penting dilestarikan dan dipertahankan. Hal itu ditegaskan Bupati Majalengka H. Karna Sobahi dalam kunjungan kerja acara kreasi adat budaya Guar Bumi di Desa Weragati Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengk, Senin (26/10/2020 ).

Bupati Karna Sobahi berpesan, agar budaya daerah di Kabupaten Majalengka terus dilestarikan. “Budaya daerah seperti Munjung, Mapag Sri, Guar Bumi dan lainya ini adalah peninggalan leluhur. Sebagai ciri khas Majalengka kota budaya. Adat leluhur yang perlu dikembangkan, dibudidayakan dan dilestarikan,” ungkap Bupati Karna.

Dalam menghadiri hajat seni dan budaya itu, Bupati Majalengka H. Karna Sobahi selain mengajak kepada masyarakatnya agar menghargai budaya warisan leluhur, juga wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Di masa pandemi global virus corona 19 ini, saya mengajak seluruh masyaraka tagar tetap wajib ikuti protokol kesehatan. Dengan mencuci tangan, memakai masker dan dilarang berkerumun dengan tetap menjaga jarak,” ujarnya.

Dalam penyampaiannya Bupati Karna juga mengingatkan bahwa adat dan budaya daerah adalah tradisi warisan leluhur perlu dibangkitkan, di lestarikan dan di pertahankan lagi keberadaanya agar menjadi kekuatan bangsa.

Bupati juga berpesan, untuk mendongkrak ekonomi kerakyatan di bidang pertanian akan memanfaatkan lahan yang non produktif menjadi produktif. Masyarakat bisa bersinergi dan berkordinasi dengan dinas pertanian.

“Kabupaten Majalengka secara geografis termasuk tanah yang subur ditanami apapun akan tumbuh maka kepada petani kita arahkan bagaimana pemanfaatan lahan jadi produktif. Yang utama lagi, di Desa Weragati ini juga mempunyai produk unggulan peci kwalitas bagus maka disarankan kepada seluruh OPD, kuwu-kuwu di Kabupaten Majalengka agar memakai eci berlogo Raharja,” pungkas Bupati Majalengka. (*)

Laporan: Sunarto Aryodinoto 

Editor: Supriatna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *