Upaya Capai Herd Immunity Pemdes Jatiwangi Gelar Percepatan Vaksinasi

Karawang|Transjabar.com – Upaya mencapai herd Immunity atau kekebalan kelompok, hingga kini percepatan vaksinasi di Kabupaten Karawang tengah berlangsung. Salah satunya Desa Jatiwangi Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang menggelar giat vaksinasi dengan kuota 70 vaksin. Giat vaksinasi tersebut dimonitor lansung Muspika Jatisari,Jumat (3/9/2021).

“Pada hari ini putaran terakhir vaksinasi di Kecamatan Jatisari yang digelar di 6 titik ,” ucap Camat Jatisari Yusi Rusliani, SE.MM. saat dihubungi di sela monitor giat vaksinasi di desa Jatiwangi.

Yusi menjelaskan, vaksinasi yang diselenggarakan dari 31 Agustus – 3 September 2021 tersebut, masyarakat Jatisari sangat antusias sehingga stok vaksin pun habis.

” Jadi vaksin yang didapatkan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang habis malahan kurang,” jalasnya.

Dia berharap, dengan adanya percepatan vaksinasi tersebut bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan hilang khususnya di Kecamatan Jatisari umumnya Kabupaten Karawang.

Kapolsek Jatisari Kompol H. Marsono, SH.mengatakan, TNI – Polri ikut mendukung kegiatan vaksinasi serta berperan aktif mensukseskan program pemerintah pusat dengan percepatan vaksinasi tersebut.

“Kami selalu berkoordinasi dengan pihak desa supaya tidak terjadi kerumunan.Maka kepala desa harus mengatur perangkat desanya di bawah (RT, RW dan Dusun) menyiapkan orang – orang yang sudah siap di vaksin sesuai dengan kuota vaksin,”tegasnya saat mendampingi Camat.

Sementara Kepala Desa Jatiwangi Ahmad Asrori menyatakan, pelaksanaan vaksinasi ini berjalan dengan lancar dan kondusif.

“Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi ini virus corona atau COVID-19 segera sirna di bumi negara Indonesia,” ujarnya saat dihubungi di kantor desa.

Ahmad menjelaskan, saat ini vaksin yang digunakan jenis vaksin moderna.

“Untuk peserta vaksin ini minimal berusia 12 tahun. Bagi lansia tidak diikutsertakan karena jenis vaksin ini mungkin cukup keras dikhawatirkan ketika diterapkan pada lansia kondisi tubuhnya bisa ngedrop,” ungkapnya.

Perhelatan percepatan vaksinasi tersebut bukan hanya penerapan protokol kesehatan saja yang harus dilaksanakan. Namun peserta vaksin Covid-19 tetap harus melalui screening terlebih dahulu dengan ditambah tes swab yang dilakukan pihak tim nakes puskesmas Jatisari. (Dedi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *