Begini Penjelasan Ketua Panitia 7 Terkait Pilkades PAW Cikampek Timur

Karawang|Transjabar.com – Pemilihan Kepala Desa PAW Cikampek Timur, Kecamatan Cikampek, Kabuaten Karawang akan dilaksanakan 8 April 2021. Kini tengah memasuki tahapan pendaftaran balon Kades dimulai 7 – 10 Maret 2021.

Ketua panitia Pilkades PAW Saeful Rohman S.pd. mengatakan, mekanisme hak pilih Pilkades PAW tersebut merujuk pada musyawarah desa dan Perbup 45 no. 26 tahun 2015.

“Dalam rapat pertama kita mengakomodir perwakilan masyarakat. Kalau ketua RT dan RW otomatis tokoh masyarakat mempunyai hak pilih. Setelah itu kami rekrut hak pilih dari perwakilan warga,” katanya saat dikonfirmasi di kantor Desa Cikampek Timur, Senin (8/3/2021).

Perwakilan warga tersebut, kata Saeful, diambil dari tokoh agama, tokoh pendidikan, tokoh perempuan dari masing-masing RW sebanyak 3 orang.

Ia menjelaskan, dalam Perbup 45 no. 26 tahun 2015 seharusnya perwakilan warga tersebut diambil dari masing – masing RT. Namun dalam kondisi pandemi COVID-19, pihak desa mengeluarkan Perdes hak pilih perwakilan warga menjadi masing – masing RW.

Ia menyebut, jumlah peserta musyawarah desa atau hak pilih Pilkades PAW Cikampek Timur seluruhnya 114 orang.

Menurutnya, Pilkades PAW tersebut tata cara pelaksanaannya ditentukan peserta musyawarah, ada dua alternatif berdasarkan musyawarah – mufakat atau voting.

“Peserta musyawarah terdiri dari perwakilan warga, RT, RW, aparatur desa, BPD ditambah perwakilan masing-masing lembaga desa termasuk Linmas dan MUI tingkat desa1 orang,” Ujarnya.

Penyelenggaraan Pilkades PAW tersebut, dia menuturkan, proses penetapan calon kades nantinya akan ditetapkan menjadi 3 calon kades PAW sesuai Perbup tersebut.

“Hari ini baru 5 balon kades yang mendaftarkan diri. Informasinya sih semuanya ada 7 orang yang mau mendaftarkan diri,” terangnya.

Dia menambahkan, persyaratan yang harus dipenuhi bagi balon Kades ada 11 item dan seleksi ujian tertulis.

Untuk calon yang sudah ditetapkan pihak DPMD dan mendapatkan nomor urut, Dia menuturkan, pihaknya dan BPD merencanakan terkait tahapan sosialisasi calon Kades untuk menyampaikan visi dan misinya.

“Untuk menghindari kerumunan, rencana kami akan undang perwakilan warga yang 36 orang itu dalam satu ruangan. Lalu calon Kades 3 orang itu mengungkapkan visi dan misinya,” tuturnya.

Dia pun berharap, Pilkades PAW Cikampek Timur hasilnya berjalan sukses tanpa ekses.

“Jangan dijadikan ajang perpecahan diantara warga terutama warga partisannya,” tutupnya.(Dedi).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *