Tingkatkan Manajemen Keuangan UMKM, IWAPI Gandeng BJB dan UNPAK

Bogor|Transjabar.com – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kabupaten Bogor, menggelar Webinar tentang Peningkatan Manajemen Keuangan UMKM.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan Bank Jawa Barat Banten (BJB) Cabang Cibinong dan Pengabdian Masyarakat Dosen Sekolah Vokasi Universitas Pakuan Bogor, di Ruang Serbaguna Bank BJB, Cibinong, Kamis (8/4/2021).

Ketua IWAPI Kabupaten Bogor, Inne Roswianita menyatakan rasa bangga dan berterimakasih atas diselenggarakannya acara Webinar tersebut. Apalagi bertujuan untuk saling mendukung agar mampu memanfaatkan potensi SDM dan Pengelolaannya serta organisasi sesuai dengan Visi dan Misi IWAPI.

“IWAPI memiliki Visi untuk menjadi Organisasi Perempuan Pengusaha Indonesia yang top di tingkat Nasional dan Internasional,“ Kata Inne.

Diterangkannya, adanya IWAPI untuk memberdayakan dan memperkuat kaum perempuan di dalam kegiatan usaha dengan meningkatkan kemampuan anggota dalam mengelola usahanya agar mendapat akses tentang teknologi baru, informasi, pemasaran dan pembiayaan.

“Karena itu, jika ada kegiatan IWAPI selalu mendapatkan dukungan dari BJB dan mayoritas anggota IWAPI sudah menjadi Nasabah Bank BJB,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, pimpinan Bank BJB Cabang Cibinong, Boy Panji Soedrajat memberikan apresiasi atas langkah ketua DPC IWAPI Kabupaten Bogor yang sudah mengambil langkah strategis.

“Kegiatan ini akan menciptakan ide-ide baru dan webinar ini juga merupakan suatu ikhtiar untuk mengatur keuangan dengan baik. Jadi kami sangat senang sekali karena memang misi kami membantu mensejahterakan masyarakat di daerah,” terangnya.

Boy juga menyampaikan, salah satu hal untuk pelaku UMKM yang harus dibenahi adalah tentang pencatatan keuangan, mulailah bisnis yang kecil dengan menerapkan manajemen keuangan yang baik.

“Harus bisa mengatur manajemen lebih baik, terlebih di era digital 4.0 ini semuanya serba digital dan online. Karenanya jangan sampai orderan banyak dan kita gak siap. Sebab, netizen itu kejam, online harus didukung dengan pola pencatatan yang baik, jadi kalau mau expansi, kita bisa tahu mana yang produktif dan untuk itu Bank BJB memiliki fitur-fitur digital,” Ujar Boy

Diakhir paparannya, Boy mengajak para pelaku UMKM mensukseskan gerakan yang digaungi oleh bank Indonesia melalui fitur digital yang disediakan bank BJB.

Laporan: Agus Sudrajat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *