Atasi Masalah Sosial, Bupati Bogor Kerahkan Gercep dan TRC Dinsos

Bogor|Transjabar.com – Hujan deras yang melanda Bogor beberapa hari lalu telah membuat sejumlah lokasi di wilayah Kabupaten Bogor dilanda bencana alam.

Bahkan, akibat bencana itu Bupati Bogor Ade Yasin pun menerima aduan dari warganet di media sosial pada Rabu sore (20/1/2021) lalu. Salah satunya mengenai adanya seorang warga bogor bernama Nuh (74) yang kehidupannya sangat memprihatinkan.

Nuh yang merupakan seorang kakek tua renta hidup sendiri di rumahnya yang kumuh, becek, berantakan, dan hanya beralaskan tanah serta sering sakit-sakitan dan tangan kirinya sudah tidak bisa digerakan lagi langsung mendapat simpati dari Bupati Bogor.

Dengan sigap dan tanpa pikir panjang, Bupati Bogor Ade Yasin memerintahkan Tim Bogor Gercep untuk terjung langsung kelokasi dimana Nuh yang sehari-harinya makan diberi oleh keponakannya ini berada, yakni di Jalan Raya Tonjong Setu Kemuning RT 001 RW 004 Desa Cimanggis, Kecamatan Bojong Gede, untuk melakukan assesement.

Tiba dilokasi, Tim Bogor Gercep langsung berkoordinasi dengan Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinas Sosial Kabupaten Bogor guna melakukan penanganan tindak lanjut.

Alhasil, Nuh sendiri telah dipindahkan ke Balai Kesejahteraan Sosial (BKS) Citereup untuk mendapatkan penanganan dan perawatan yang lebih baik. Sambil menunggu rumahnya selesai dibersihkan dan diperbaiki serta diupayakan untuk mendapatkan program bantuan Rutilahu.

Namun demikian, Bupati Bogor sudah siap menyalurkan bantuan untuh Nuh, seperti karpet dasar, kompor gas, dispenser air, kasur matras, alat kebersihan, lemari kecil dan kebutuhan sandang melalui Tim Bogor Gercep.

Upaya Tim reaksi cepat tanggap Bogor Gercep yang dibentuk oleh Bupati Bogor Ade Yasin ini pun mendapat apresiasi. Mengingat, telah bekerja membantu Pemerintah Kabupaten Bogor dalam menangani masalah sosial di Kabupaten Bogor.

Menurut Ade Yasin, adanya Tim Bogor Gercep tersebut agar masyarakat harus dan bisa saling peduli, terlebih pada masa pandemi Covid-19 yang belum dipastikan kapan akan berakhir.

“Di tengah pandemi covid-19 ini, mari tingkatkan kepedulian antar sesama,” ujar Ade Yasin melalui pesan singkat, Jum’at (22/1).

Diketahui, akun Instagram pribadi Ade Yasin @ademunawarohyasin merepost kegiatan Tim Bogor Gercep @bogorgercep dalam menangani masalah sosial seperti yang dialami Nuh. Ini menandakan bahwa Ade Yasin memiliki kepedulian sosial yang tinggi kepada warganya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor Mustakim, menuturkan bahwa dalam menangani masalah sosial seperti kasus yang dialami Nuh harus ada sinergitas.

“Sinergitas ini dalam rangka mensukseskan program Pancakarsa Bupati Bogor khususnya Karsa Bogor Sehat dan Bogor Berkeadaban, tim TRC Dinas Sosial dan Tim Bogor Gercep hadir dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terang Mustakim.

Laporan: Agus Sudrajat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *